Berita

    Awas! Hindari Hal - Hal Berikut Yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

    Beberapa waktu yang lalu sering terjadi kasus mobil tiba-tiba terbakar. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari mesin mobil mengalami overheat ataupun masalah kelistrikan tanpa disadari. Kecelakaan yang bisa berujung maut ini pun harus diwaspadai oleh semua pengemudi. 

    Pencegahan yang dilakukan akan membuat penumpang aman dan selamat, mobil pun masih bisa terus untuk dikendarai. Apa saja pemicu yang bisa membuat mobil terbakar, Anda bisa mengenalinya berikut ini. 

    Penyebab Mobil Terbakar Yang Harus Anda Hindari

    Sebagai pengemudi dan pemilik kendaraan, sangat penting sekali untuk anda mengenali apa saja penyebab mobil terbakar dan juga cara mengatasinya. Karena beberapa penyebabnya adalah hal yang sering disepelekan. 

    Berikut ini apa saja yang bisa menyebabkan mobil mudah terbakar dan perlu diwaspadai. 

    1. Mesin Mobil Mengalami Overheat

    Akibat pemakaian mobil dalam jangka waktu lama, mesin akan mengalami peningkatan suhu dan menjadikannya overheating. Mesin yang bekerja terlalu keras juga dapat menyebabkan kendaraan terbakar. Pasalnya, kondisi mesin yang memanas dapat meningkatkan suhu pada oli yang akhirnya menyebabkan kebocoran dan memicu api.

    Jika mobil mengalami overheat sebaiknya segeralah menepi dan matikan mesin. Buka kap mesin agar sirkulasi udara lebih lancar dan mesin menjadi lebih dingin. Baru setelah itu Anda bisa mengecek apakah terjadi kebocoran atau masalah lainnya. 

    Meneruskan perjalanan dengan mobil yang overheat sangat berbahaya. Banyak komponen mesin akan mengalami kerusakan dan paling berbahaya mobil akan terbakar. 

            2. Terdapat Masalah Pada Sistem Kelistrikan

    Penyebab mobil terbakar kedua ini juga sering terjadi yaitu masalah pada sistem kelistrikan seperti korsleting. Bukan hanya tikus yang bisa merusak kabel penghantar listrik di mobil. Masalah soket sambungan yang kendur juga bisa jadi sumber kebakaran. 

    Arus listrik yang mengalir pada ujung kabel putus atau bermasalah akan menimbulkan percikan api sehingga mobil dapat terbakar. Gejala yang mungkin saja terjadi adalah mobil sulit untuk dinyalakan. 

    Oleh karena itulah cara paling aman untuk mengatasi kerusakan sistem listrik mobil adalah dengan memasak sekring. Komponen ini dapat memutus arus listrik ketika terjadi hubungan arus pendek, sehingga kebakaran pun tidak terjadi. 

            3. Selang Bensin Yang Mengalami Kebocoran