Berita

    Catalytic Converter Mobil: Pengertian dan Fungsinya

    Tak banyak orang mengetahui mengenai catalytic converter mobil. Sebab, komponen yang satu ini memang baru-baru ini wajib ada pada mobil keluaran terbaru. Khususnya tahun 2009 ke atas. 

    Sayangnya, tak banyak orang yang memahami ini. Beberapa orang memilih untuk melepas komponen yang satu ini, karena tidak paham mengenai pengertian dan fungsinya.

    Pengertian dan Fungsi Catalytic Converter

    Polusi ada dimana-mana. Itu sebabnya, berbagai cara dilakukan untuk mengurangi udara kotor ini. Salah satunya dengan memasang konverter katalitik pada mobil.

    Konverter Katalitik merupakan sebuah alat yang berperan penting terhadap gas buang yang diproduksi oleh mobil. Komponen ini akan memproduksi gas buang dalam standar khusus Euro 2. Supaya gas hasil dari bahan bakar mobil, tidak mengandung polutan berbahaya.

    Fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai katalisator. Partikel beracun yang berbahaya seperti karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx) dan hidrokarbon (HC) akan disaring. Setelah memenuhi standar, baru kemudian akan dikeluarkan oleh mobil.

    Harapannya, gas buang ini tidak mengandung emisi berbahaya. Sehingga mampu mengurangi polutan di jalan, yang tidak ramah lingkungan dan kesehatan. 

    Cara Kerja Konverter Katalitik

    Proses kerja komponen yang satu ini sebenarnya cukup mudah. Katalisator yang terletak pada area knalpot mobil ini terbuat bahan dasar platinum. Bentuknya seperti sarang lebah.

    Nah, saat gas buang kendaraan mulai keluar dan menggapai logam katalisator, maka reaksi kimia akan terjadi. Reaksi kimia ini menghasilkan gas buang dengan emisi rendah, alias ramah lingkungan.

    Kerja dari catalytic converter mobil ini akan maksimal apabila suhu mesin di atas 400 derajat celcius. Apabila di bawah itu, maka kerjanya tidak bisa maksimal.

    Sementara itu, meskipun ada reaksi kimia yang terjadi pada katalisator, alat ini tidak akan mengalami perubahan. Hanya saja ada penurunan performa katalisator ketika mengalami masa pemakaian cukup lama.

    Biasanya penurunan fungsi ini terjadi ketika mobil telah berjalan hingga 100.000 kilometer. Performa akan mengalami penurunan fungsi hingga 35%. Bisa lebih cepat jika Anda sering berkendara dengan kemacetan tinggi. 

    Jenis-jenis Sistem Katalisator

    Sedikitnya ada tiga jenis sistem katalisator untuk mengurangi gas emisi pembuangan ini. Berikut penjelasan singkatnya.

            1. Oxidation Catalyst