Berita

    Kunci Pas Ring, Cara Penggunaan & Perbedaannya

    Salah satu peralatan yang wajib dimiliki untuk Anda yang suka mengoprek kendaraan adalah kunci pas ring. Kunci ini adalah gabungan dari kunci pas dan kunci ring sehingga kedua ujungnya memiliki bentuk yang tidak sama. 

    Dengan dua ujung yang berbeda, kegunaannya pun akan lebih banyak dalam meringankan tugas untuk melepas atau mengencangkan baut pada kendaraan. Nah, sebenarnya apa sih pengertian dan fungsi kunci pas ring itu? Bagaimana bentuknya? Bagaimana cara membedakan di antara keduanya? Mari cari tahu dalam ulasan ini. 

    Pengertian 

    Kunci pas ring ialah kunci gabungan dari kunci pas dan ring yang terbuat dari baja agar lebih mudah dipakai dan tidak mudah rusak di tiap sudut-sudutnya. Biasanya keduanya memiliki ukuran yang sama dengan ujung yang berbeda. 

    Ada berbagai variasi ukuran untuk kombinasi kunci ini. Mulai dari ukuran 6 mm hingga 32 mm dengan sudut offset sampai 15 derajat. Sehingga bentuk di tiap ujung tidak lurus dan sedikit bengkok. Hal ini agar memudahkan dalam mengencangkan atau mengendorkan baut. 

    Kegunaan

    Kunci pas fungsinya untuk membantu mengencangkan atau mengendorkan mur/baut yang berbentuk segi enam atau hexagonal. Begitu pula dengan kunci ring, yang dapat digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan baut/mur. 

    Keunggulan Kunci Pas dan Ring

    Kombinasi dari kunci pas dan ring memiliki keunggulan, di antaranya: 

    • Desain dengan rahang yang berbentuk bulat serta menutup semua bagian mur/baut dapat meminimalisir terjadinya kerusakan ketika pada bagian mur/baut. 
    • Dalam satu kunci, Anda dapat mengencangkan atau mengendorkan beberapa tipe mur atau baut. 
    • Pemasangan atau pelepasan mur pun jadi lebih cepat. 
    • Lebih mudah dibawa ke mana saja karena satu kunci bisa untuk membuka mur berbentuk bulat ataupun heksagonal.

    Perbedaan dari Kunci Pas dan Kunci Ring

    Meskipun telah ada gabungan antara kunci pas dan ring, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Bukan hanya dari sisi desain tetapi juga fungsi. Berikut perbedaan keduanya: 

    • Kunci pas memiliki ujung yang lebih lebar daripada kunci ring. Sehingga dapat digunakan untuk membuka/melepas buat yang memiliki kepala berbentuk segi enam. Sedangkan kunci ring memiliki ujung yang berbentuk bulat, cocok untuk mengencangkan/mengendorkan baut yang berbentuk bulat. 
    • Kunci pas lebih fleksibel, dapat digunakan untuk beberapa jenis kunci. Berbeda dengan kunci ring, yang hanya bisa digunakan untuk baut dengan ujung bulat. 
    • Bagian ujung yang terbuka, memungkinkan untuk kunci pas menjangkau area mana pun. Tetapi, bila bekerja di bagian kendaraan yang sempit, sebaiknya gunakan kunci ring. Sebab, ujung kunci akan dapat menutup keseluruhan baut sehingga proses pengencangan atau pengendoran baut akan lebih mudah.