Berita

    mobil mogok, cara mendorong mobil mogok

    Siapapun pasti merasa panik ketika mobil yang dikendarai tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Secara otomatis Anda harus mendorong mobil mogok tersebut agar tidak mengganggu pengendara lainnya. 

    Salah satu penyebabnya adalah aki yang mati karena korsleting, soak, atau karena telah mencapai batas usia pemakaian. Ketika hal ini terjadi, tetaplah tenang dan ikuti langkah-langkah berikut ini saat akan mendorong mobil. 

    1. Manfaatkan Lampu Hazard

    Setelah menenangkan diri sejenak, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan lampu hazard. Fitur yang satu ini bisa digunakan setiap pengemudi untuk mengisyaratkan kondisi darurat yang sedang dialami kepada pengendara lain. 

     

            2. Cari Titik Aman Mobil 

    Cara mendorong mobil mogok tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, apabila salah tekan akan menyebabkan mobil menjadi lecet atau rusak. Untuk itu, Anda harus mencari titik  amannya terlebih dahulu sebab setiap jenis mobil memiliki posisi aman yang berbeda. 

    Titik aman ini merupakan posisi paling kokoh bagian mobil yang bisa ditekan untuk mendorong mobil, seperti: 

    • Pojok belakang mobil bagian kiri dan kanan. 
    • Pinggiran bagasi yang dilapisi karet. 
    • Kap bagasi agak ke samping bagi mobil yang bagian pinggir belakangnya memiliki deretan lampu.
    • Bagian fender belakang kanan dan kiri bagi mobil dengan bagasi yang bagian penutupnya terbuat dari kaca. 
    1. Perhatikan Transmisi Mobil

    Selain mencari titik aman pada mobil, Anda juga harus memperhatikan tipe transmisinya, apakah manual atau matic. Walaupun tetap membutuhkan bantuan orang lain untuk mendorong, cara mendorongnya juga akan berbeda. 

    → Transmisi Mobil Manual

    Jika aki mobil manual yang mati karena soak, ini artinya aki tersebut masih bisa berfungsi. Agar mobil bisa menyala kembali, cara mendorongnya adalah sebagai berikut: 

    • Pastikan lokasi mobil berada di jalan yang lurus dan datar. 
    • Saat mendorong, kunci mobil dalam posisi “on” dan transmisi netral. 
    • Injak dan tahan pedal kopling lalu masukkan perseneling 1 untuk mobil jenis sedan atau perseneling 2 untuk jenis lainnya. 
    • Setelah melaju, lepas pedal kopling dan tekan pedal gas secukupnya hingga mobil menyala. 
    • Usahakan mobil tidak kembali mati dan segera menuju ke bengkel terdekat. 

    → Transmisi Mobil Matic

    Cara mendorong mobil mogok dengan transmisi matic perlakuannya tidak sama dengan mobil manual. Satu hal yang harus diperhatikan adalah memastikan perseneling ada di posisi netral atau transmisi “N”. Kemudian, pinggirkan mobil matic tersebut ke lokasi yang aman. 

    Jika Anda memaksa mendorongnya bisa mengakibatkan rusaknya logam penggerak transmisi mobil akibat timbulnya gesekan yang besar. Jika sudah demikian, kerusakan mobil matic akan semakin parah. 

    Sedangkan untuk mencoba menghidupkan kembali mobil matic yang mogok karena aki mati bisa dilakukan dengan teknik jumper aki dengan mobil lain. Jika tidak berhasil, Anda harus membawanya ke bengkel terdekat atau memanggil teknisi.

    1. Mendorong Mobil

    Cara terakhir mendorong mobil yang sedang mogok adalah dengan memperhatikan kondisi sekitar dan mencari lokasi yang aman. Misalnya saja di bahu jalan atau di jalur darurat. Hal ini untuk menghindari kemacetan yang terjadi akibat mobil Anda yang mogok. 

    Intinya, Anda harus bisa membedakan antara cara mendorong mobil mogok transmisi manual dengan matic ketika aki mati. Anda bisa meminta bantuan orang lain di sekitar lokasi dan pastikan untuk mendorongnya dengan hati-hati serta tetap utamakan keselamatan. Dan jangan lupa untuk membawa mobil Suzuki anda ke bengkel resmi untuk penanganan yang lebih lanjut. Segera jadwalkan kunjungan anda melalui website nya di https://www.suzukinjs.co.id/ untuk menentukan jadwal service yang sesuai dengan keinginan anda.