Berita

    Timing Belt : Fungsi & Tandanya Perlu Diganti

    Timing belt merupakan komponen yang memiliki fungsi penting dalam mobil. Komponen ini masuk menjadi bagian dari klep mobil. Sementara fungsi katup mobil adalah untuk melakukan pengaturan buka tutup katup pada sistem pembakaran bensin. 

    Komponen ini bertugas menggerakan camshaft untuk memutar dan membuka serta menutup katup. Seperti pada namanya, timing yang berarti pengaturan waktu. Sementara untuk bentuknya seperti ikat pinggang berbahan karet dan memiliki gerigi.

    Fungsi Timing Belt pada Kendaraan Anda

    Berikut ini akan dibahas apa saja fungsi komponen yang satu ini bagi kendaraan Anda. Salah satunya adalah untuk otomatisasi buka tutup katup mesin. Dengan adanya timing chain ini dapat membuat kinerja camshaft lebih mudah, sehingga dapat bergerak dengan konstan. 

    Camshaft jadi dapat membuka dan menutup secara otomatis dan sesuai putaran pada mobil. Sehingga mesin pun beroperasi dengan maksimal. Untuk itu Anda harus memastikan bahwa komponen ini dalam keadaan yang prima. Fungsi utamanya timing chain ini jelas untuk melakukan manajemen waktu pada kinerja mesin kendaraan Anda.

    Tanda Harus Mengganti Timing Belt Kendaraan Anda 

    Setiap komponen pada kendaraan memiliki masa ketahanan yang berbeda-beda, sehingga perlu untuk melakukan pengecekan berkala. Bahkan pergantian pada masa dan waktu tertentu. Nah, apa saja pertanda bahwa Anda harus mengganti timing chain kendaraan Anda?

    • Ada Kebocoran Oli

    Ini bisa menjadi tanda pertama yang mudah dideteksi kapan Anda harus melakukan penggantian timing chain kendaraan Anda. Karena jika ada kebocoran oli pada mesin kendaraan dapat membuat kinerja camshaft terkendala. Bisa jadi selang tidak terpasang dengan baik dan tepat.

    • Muncul Bunyi Mesin yang Tak Wajar

    Mayoritas bunyi yang tak wajar ini disebabkan adanya komponen yang aus di timing chain, sehingga perlu dicek. Kadang juga karena kekurangan pelumas, Anda harus rutin memberikan oli pelumas pada komponen satu ini.

    Timing belt yang mengalami pengenduran juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Bunyi abnormal ini juga bisa diiringi dengan tarikan mesin mobil yang terasa tak nyaman. 

    • Pegas Operan Gigi Mobil Kaku

    Pegas operan mobil jadi sangat keras saat digunakan, terasa aus dan kaku. Membuat mekanisme kinerja mobil juga alami penurunan. Jika hal ini terjadi maka timing kinerja mesin mobil juga akan alami hambatan. Tak bisa dibiarkan begitu saja, harus segera dilakukan pengecekan. 

    • Mogok Terjadi pada Mobil