Berita

    Ini Pentingnya Merawat Kaca Depan Mobil

    Ketika memutuskan untuk memiliki mobil, tentu Anda harus memperhatikan kebersihan di setiap komponen kendaraan tersebut. Salah satu yang harus diperhatikan dalam perawatannya adalah kaca depan mobil.

    Ya, kaca bagian depan sangat mempengaruhi kenyamanan pengemudi selama perjalanan. Maka dari itu penting untuk selalu merawat bagian ini secara berkala agar tetap bersih dan tidak mengalami kerusakan!

    Alasan Merawat Kaca Depan Mobil Penting

    Merawat kaca depan secara berkala sangat penting untuk mobil Anda. Apa saja alasannya? Intip daftar berikut:

    • Terhindar dari Kotoran

    Kaca depan merupakan salah satu komponen yang sering terpapar dengan kotoran dan debu dari udara. Sehingga merawat kaca mobil sangat penting agar kaca terbebas dari kotoran dan debu yang membandel menempel dalam waktu lama.

    • Pandangan Jelas

    Saat berkendaraan di malam hari, tentu penglihatan semakin terbatas sehingga membutuhkan lampu sorot di bagian depan. Begitu pun permukaan kaca besi bisa membuat pandangan lebih jelas sehingga nyaman mengemudi meski di kondisi gelap.

    • Menghindari Risiko Kecelakaan

    Risiko kecelakaan bisa saja terjadi karena berbagai faktor salah satunya tampilan kaca depan mobil kurang terawat. 

    Dengan melakukan perawatan secara berkala, tentu ini bisa menghindari resiko terjadinya kecelakaan seperti terkena tabrakan atau benturan akibat pandangan tidak jelas.

    Cara Merawat Kaca Depan Mobil

    Demi menjaga keselamatan selama berkendara, maka pastikan Anda rutin melakukan perawatan pada bagian kaca mobil. Berikut beberapa langkah dalam perawatan kaca depan yang perlu diperhatikan!

    • Jaga Kebersihan Kaca Depan

    Kaca depan sangat mudah terkena berbagai debu, kotoran, cipratan air, dan angin kencang. Jika bagian kaca ini sudah terkena kotoran, sebaiknya segera dibersihkan agar nodanya tidak membandel dalam waktu lama.

    • Gunakan Cairan Pembersih Khusus

    Saat melakukan perawatan, sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus yang diformulasikan untuk membersihkan kaca. 

    Hindari penggunaan sabun biasa atau deterjen karena bisa merusak lapisan kaca yang menyebabkan daya tahannya menjadi berkurang.

    • Bersihkan Menggunakan Lap Lembut

    Selain menggunakan cairan khusus, perhatikan juga alat pembersih yang digunakan dengan lap berbahan lembut. Pastikan lap yang akan digunakan masih dalam keadaan bersih agar tidak membuat tampilan kaca semakin kotor.

    • Segera Keringkan Area yang Basah

    Jika kaca mobil basah, lebih baik segera keringkan agar tidak menimbulkan jamur yang bersarang di sekitar kaca. Terlebih jika mobil habis terkena air hujan, maka harus segera dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus.

    • Waspada Terhadap Goresan

    Kaca depan mobil sangat beresiko terkena baret atau goresan yang bisa merusak lapisan luar hingga ke dalam kaca film. Hal ini tentu perlu Anda waspadai karena bisa berdampak terhadap penglihatan pengemudi yang kurang jelas.

    goresan kaca

    Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penggunaan kain, spon, dan merawat kondisi wiper.

    • Pastikan Kondisi Karet Wiper

    Selain harus mewaspadai goresan kaca, perhatikan juga kondisi karet pada wiper mobil masih dalam keadaan baik. Apabila karet terasa keras, ini bisa menyebabkan goresan pada kaca mobil sehingga harus diganti dengan karet wiper yang baru.

    • Servis secara Berkala

    Memastikan kendaraan dalam kondisi baik harus dilakukan dengan pengecekan secara berkala oleh ahlinya. 

    Dalam hal ini, Anda perlu melakukan servis secara berkala untuk mengetahui kondisi kaca mobil sehingga bisa melakukan perbaikan segera jika terjadi kerusakan.

    Itu dia penjelasan mengapa perawatan kaca depan mobil sangat penting dilakukan. Dengan menerapkan cara merawat kaca depan seperti di atas, maka akan lebih mudah untuk memastikan kaca mobil dalam keadaan baik.