Berita

    Kenali Mengatasi Rem Blong Pada Mobil

    Rem blong seringkali jadi penyebab terjadinya kecelakaan. Pada kejadian ini, rem tiba-tiba saja tidak berfungsi. Padahal sebelumnya tidak ada kendala berarti.

    Meski tidak ingin mendapat gangguan pada rem. Namun, penting untuk mengetahui cara mengatasi rem saat blong di jalan. Supaya saat peristiwa ini terjadi, Anda tidak panik dan segera bertindak. 

    Tetap Tenang, Ini Langkah-Langkah Mengatasi Rem Blong

    Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat rem tiba-tiba tidak berfungsi. Lakukan secara bertahap ya. 

    • Kurangi Gigi Mobil

    Langkah pertama adalah mengurangi gigi secara bertahap. Cara ini sebagai langkah untuk melakukan pengereman pada bagian mesin secara tidak langsung.

    Khusus untuk mobil dengan transmisi manual, turunkan gigi perlahan sampai posisi 1. Sementara pada mobil dengan transmisi otomatis, Anda bisa langsung mengubah menjadi gigi 1. 

    • Pompa Rem

    Kurangi laju kendaraan dengan melepas gas. Kemudian pompa rem secara terus menerus. Supaya fungsi dari komponen ini kembali ke sediakala.

    Anda bisa meminta rekan jika ada, untuk melihat pedal rem. Jika terasa berat, bisa jadi ada benda yang mengganjal pedal. Namun jika kondisinya tidak berat, maka Anda bisa terus memompa supaya tekanan rem lekas kembali.

    • Siagakan Rem Tangan

    Apabila dua langkah tersebut tidak berhasil, cobalah menggunakan hand rem atau rem tangan. Namun saat memutuskan menggunakan ini, lakukan secara perlahan.

    Anda bisa memberi ancang-ancang dengan menyalakan lampu hazard. Kemudian tarik tuas rem secara perlahan. Apabila rem terasa menggigit caliper roda, jangan lepaskan hand rem. 

    Saat Anda menarik tuas secara perlahan, maka laju mobil semakin pelan. Sementara jika Anda melakukannya dengan kasar, maka bisa membahayakan Anda maupun pengemudi lain. Sebab proses pemberhentian komponen ini sangat berbahaya jika langsung ditarik.

    • Hindari Mematikan Mesin

    Mematikan mesin saat rem blong sangat membahayakan pengendara. Sebab jika mesin mati, maka laju kendaraan tidak bisa terkontrol. Maka dari itu, jangan coba-coba mematikan mesin ya!

    • Jangan Injak Pedal Gas

    Berikutnya adalah menghindarkan kaki dari pedal gas. Ketika Anda merasa ada gangguan pada rem, segera tinggalkan pedal gas. Supaya tidak ada agenda salah injak antara rem dan gas.

    • Goyang Rem