Berita

    Ketahui 4 Fungsi Talang Air Pada Mobil

    Talang air mobil atau biasa disebut door visor  menjadi salah satu komponen yang dinilai bisa memperindah penampilan luar mobil Anda. Akan tetapi tak banyak yang mengetahui bahwa talang air pada mobil Anda memiliki fungsi lain yang bahkan berdampak pada keamanan panel elektronik di dalam mobil. 

    Fungsi awal talang air sebenarnya untuk mencegah air hujan masuk ke dalam mobil Anda saat Anda membuka jendela ketika mengendara di bawah guyuran hujan. Kebiasaan membuka jendela ketika hujan kerap dilakukan para pengemudi mobil zaman dahulu agar tidak terbentuk embun pada kaca bagian depan mobil.

    Seiring majunya teknologi, hampir semua mobil kini dilengkapi dengan fitur AC sehingga membuat keberadaan talang air mobil sebenarnya sudah tidak relevan.

    Lalu, apa fungsi door visor untuk mobil-mobil masa kini?

    Fungsi Talang Air Mobil

            1. Peredam suara

    Mobil Anda bisa terlihat cantik dan kokoh jika memiliki fitur talang air, namun komponen ini juga memiliki fungsi praktis selain estetika. Door visor bisa berfungsi untuk mengarahkan aliran udara di dalam mobil Anda.

    Hal itu membuat suara bising kendaraan dari luar mobil Anda pun teredam sehingga Anda bisa mengendarai mobil dengan lebih nyaman.

            2. Pelindung dari Air Hujan

    Kita kembali mengulas fungsi utama talang air pada mobil Anda, yaitu sebagai pelindung dari air hujan. Bentuk door visor yang melengkung berguna untuk melindungi bagian atas jendela samping mobil sehingga air hujan yang jatuh akan mengalir ke bagian depan dan belakang dari pintu mobil.

    Sehingga, air hujan yang mengguyur mobil Anda tidak akan menuju pintu pengemudi dan penumpang di bagian samping, melainkan dialirkan ke bagian belakang dan depan.

            3. Mencegah Terbentuknya Embun

    Fungsi talang air berikutnya adalah untuk mengurangi terciptanya embun. Terbentuknya embun di bagian kaca depan bisa membahayakan keselamatan Anda sebagai pengemudi karena dapat mengurangi jarak pandang. 

    Jadi, jika embun pada bagian kaca depan dapat diminimalisir, Anda bisa menikmati pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman. Begitu pun pada kaca samping mobil, embun tidak akan terbentuk di kaca berkat adanya door visor.

            4. Pelindung Komponen Listrik di Dalam Mobil