Berita

    Ketahui Cara Kerja Kondensor AC Mobil

    Bagi para pengendara mobil, sangat penting untuk merasakan kesejukan apalagi pada saat cuaca panas yang terik. Untuk bisa sejuk, mobil memerlukan AC yang didalamnya terdapat bagian yang disebut kondensor AC mobil.

    Nah, komponen satu ini tentu saja memiliki fungsi krusial untuk kinerja air conditioner dalam mobil Anda. Ingin tau lebih dalam apa itu kondensor AC untuk mobil? Ayo, simak pembahasan selanjutnya dari pengertian hingga cara kerjanya di bawah ini!

    Pengertian Kondensor AC Mobil

    Seperti yang telah diketahui, AC adalah alat untuk mendinginkan atau menyejukkan ruangan atau mobil. Pada AC terdapat komponen yang disebut sebagai kondensor. 

    Kondensor AC adalah komponen air conditioner yang terbuat dari lembaran-lembaran timah dan setiap lembarnya diberi kertas parafin yang digulung padat sampai membentuk silinder berukuran kecil. 

    Kondensor berfungsi untuk mengubah gas freon menjadi bentuk cair melalui proses kondensasi serta mendinginkannya. Berdasarkan fungsi yang dijelaskan secara umum ini, dapat diketahui cara kerja dari kondensor AC sebuah mobil yang akan dijelaskan berikut ini. 

    Cara Kerja Kondensor AC pada Mobil

    Pada saat Anda memiliki mobil, tentu wajib untuk mengetahui cara kerja dari berbagai komponen yang ada di mobil, khususnya komponen-komponen yang penting seperti kondensor AC mobil. 

    Hal ini bertujuan agar pada saat terdapat masalah pada mobil yang dimiliki, Anda mampu mengidentifikasi komponen apa yang bermasalah serta dapat segera memperbaiki atau meringankan permasalahan tersebut. 

    Sebagai salah satu komponen yang penting pada AC mobil, kondensor memiliki cara kerja yang terbagi menjadi tiga bagian:

    • Menyerap Gas Freon yang Panas dari Kompresor

    Pada saat berada di kompresor, gas freon mengalami kenaikan tekanan sehingga suhunya berubah menjadi panas. Perubahan suhu ini adalah proses ketika gas freon dipadatkan. 

    Setelah proses pemadatan gas telah selesai, gas padat freon tersebut diserap oleh kondensor AC yang jalur-jalurnya bersirip dan berliku-liku untuk berlanjut kepada proses selanjutnya. 

    • Mengubah Wujud Gas Freon Menjadi Cair dan Bersuhu Dingin

    Gas padat freon panas yang masuk ke dalam kondensor diubah menjadi cairan. Tidak hanya menjadi cairan, gas yang berubah tersebut mengalami pendinginan sehingga suhu yang dimiliki menjadi dingin.