Berita

    Featured Image

    Ketahuilah Pentingnya Rotasi Ban Mobil & Cara Melakukannya

    Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban mobil Anda. Salah satunya yakni dengan melakukan rotasi ban mobil.

    Anda sebagai pemilik sekaligus pengendara mobil pasti menginginkan kondisi ban mobil yang awet agar memiliki performa yang senantiasa baik. 

    Tidak hanya dari sisi performa saja, akan tetapi juga dari sisi biaya menjadi lebih hemat karena tidak harus membeli ban mobil terus menerus.

    Cara Melakukan Rotasi Ban Mobil yang Benar

    Fungsi utama dari rotasi mobil ini adalah menjaga keawetan dan kualitas dari ban mobil. Caranya pun sangatlah mudah yaitu dengan menukar posisi masing-masing ban.

    Jadi Anda bisa menukar posisi ban depan dengan ban belakang yang memiliki sisi yang sama. Tidak hanya sampai disitu saja, Anda juga bisa melakukan rotasi secara menyilang yaitu antara ban depan sisi kanan dengan ban belakang sisi kiri. Begitu pun sebaliknya. 

    Akan tetapi hal yang perlu Anda catat adalah karakteristik tiap ban yang terletak pada alur tapak rotasi memiliki perbedaan. Jadi, Anda benar-benar harus memperhatikan terlebih dahulu alur ban yang akan Anda rotasi. Cek dengan seksama ya! 

    Nah, hal yang harus Anda catat adalah untuk ban yang memiliki satu alur saja tidak dapat dirotasi secara menyilang. Akan tetapi dapat dirotasi dengan sisi yang sama. 

    Tidak hanya bisa melakukan rotasi ban dengan ban yang sudah terpasang pada mobil saja, Anda juga bisa melakukan rotasi ban dengan ban cadangan.

    Jadi untuk usia pemakaian ban mobil Anda akan menjadi seragam entah itu untuk ban mobil primer atau ban yang sedang dipakai di mobil atau ban mobil sekunder atau cadangan. 

    Ban yang masih dalam kondisi bagus sebaiknya diletakkan di bagian belakang mobil karena bagian belakang mobil tidak bisa melakukan handling apabila mengalami selip. 

    Untuk ban mobil bagian depan sendiri, Anda sebagai pengemudi masih bisa melakukan handling dengan setir jadi tidak mudah aus untuk bagian depan. 

    Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Rotasi?

    Penting untuk melakukan rotasi ban mobil secara berkala sesuai dengan waktunya. Oleh karena itu pada bagian ini akan dijelaskan mengenai kapan saja waktu yang baik untuk melakukan rotasi ban sesuai dengan pemakaian Anda. 

    Waktu yang tepat untuk melakukan rotasi untuk ban mobil adalah setiap 5.000 km jika Anda biasa mengendarai dengan kecepatan yang tinggi. 

    Akan tetapi jika Anda berkendara dengan kecepatan rata-rata normal kendaraan mobil pada umumnya sebaiknya lakukan rotasi untuk ban mobil setiap jarak 10.000 km