Berita

    Mulai Berat! Ini Tanda Stir Mobil Harus Diservis

    Stir mobil merupakan komponen penting yang perlu mendapat perawatan yang benar. Pasalnya, stir merupakan pusat kemudi pada mobil yang akan membantu Anda untuk mengendalikan mobil ketika berkendara.

    Dalam menjalankan fungsinya, stir bisa saja mengalami kendala. Bila hal ini terjadi, kemudi tersebut harus segera diservis. Bila masalah tersebut dibiarkan, bisa saja mengganggu kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

    Gejala Stir Mobil Harus Segera Diservis

    Stir memiliki fungsi untuk mengendalikan arah laju mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda kemudi mobil yang harus segera diservis. Berikut adalah beberapa tanda-tanda tersebut:

    • Munculnya Getaran yang Tidak Normal

    Getaran yang tidak normal pada stir dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ban yang aus, roda yang tidak seimbang, atau sistem suspensi yang mengalami gangguan. 

    Selain itu, getaran pada roda kemudi juga bisa muncul akibat adanya komponen fan belt yang harus segera diganti. Bila terlambat, bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada power steering.

    Tentunya hal ini dapat mengurangi kenyamanan ketika berkendara. Jika getaran yang dirasakan cukup kuat, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan mendapat perbaikan yang tepat.

    • Munculnya Bunyi Aneh saat Berbelok

    Bunyi aneh seperti decit pada stir mobil saat berbelok dapat mengindikasikan adanya gesekan yang tidak normal pada komponen sistem kemudi. Bunyi ini bisa berasal dari gesekan antar komponen yang tidak berfungsi normal.

    Jika bunyi ini dibiarkan, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada komponen sistem kemudi. 

    Solusinya, Anda bisa memeriksa komponen yang ada di bagian kemudi dan periksa kondisi oli power steering. Pastikan semuanya dalam kondisi prima.

    • Setir Terasa Berat atau Sulit Dikendalikan

    Setir yang terasa berat atau sulit dikendalikan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti oli power steering yang habis atau bocor, bisa juga karena komponen sistem kemudi yang mengalami kerusakan. 

     

    Stir Terasa Berat

    unsplash.com

    Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat kerusakan pada rack steer. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa. 

    • Setir Tidak Kembali ke Posisi Lurus setelah Berbelok

    Setir yang tidak kembali ke posisi lurus setelah berbelok dapat mengindikasikan adanya masalah pada suspensi atau sistem kemudi. Tentunya, kondisi ini sangat berbahaya bagi penumpang dan pengemudi bila dibiarkan.

    • Usia mobil

    Semakin tua usia mobil, semakin besar kemungkinan komponen-komponennya mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun sebaiknya rutin diperiksa oleh teknisi bengkel.

    • Frekuensi Penggunaan Mobil

    Mobil yang sering digunakan untuk perjalanan jauh atau melewati medan yang berat, lebih berisiko mengalami kerusakan pada komponen sistem kemudi. 

    Oleh karena itu, mobil yang sering digunakan untuk perjalanan jauh atau melewati medan yang berat sebaiknya rutin diperiksa oleh teknisi bengkel.

    • Posisi Stir Miring

    Tanda lainnya stir perlu diservis yaitu bisa dilihat dari posisinya yang miring atau tidak presisi. Hal ini bisa membuat pengemudi lebih sulit untuk mengemudikan mobil. 

    Tanda akan muncul ketika terjadi kerusakan pada power steering. Selain itu, bisa juga muncul karena terdapat gangguan pada sumbu roda atau roda mobil.