Berita

    Featured Image

    Ternyata Kaki-kaki Mobil Terdiri dari Berbagai Part! Apa saja itu?

    Kaki-kaki mobil adalah komponen yang terletak pada bagian bawah yang berfungsi sebagai penopang beban kendaraan dan penumpang. Namun, keberadaannya tidak hanya sebagai penopang tapi juga penunjang kinerja mobil.

    Tanpa rangkaian part (komponen) kaki-kaki, kendaraan roda empat tidak akan mampu bergerak dengan baik. Jika ada salah satu komponen saja yang tidak terpasang, maka kinerja dan laju mobil akan terganggu. 

    Masing-masing komponen penyusunnya memiliki peran dan tugas yang berbeda-beda dan Anda harus memahami semuanya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai komponen-komponen penyusun laki-laki kendaraan roda empat. 

    Komponen Penyusun Kaki-Kaki Mobil

    Fungsi penting kaki-kaki tidak hanya berguna untuk menopang beban mobil, tapi juga untuk menjaga stabilitas dan mengontrol laju kendaraan. Berkat rangkaian komponen ini, pengemudi dapat mengarahkan laju mobilnya sesuai yang diinginkan. 

    Simak pembahasan di bawah ini untuk mengenal komponen penyusunan kaki-kaki kendaraan roda empat lebih lanjut.

    • Suspensi

    Komponen yang pertama yaitu suspensi atau disebut juga dengan istilah shockbreaker. Komponen ini biasanya dibuat dari bahan baja anti karat karena sering terkena hujan, terik matahari, dan kotoran untuk menghindari korosi.

    Suspensi berguna untuk meredam guncangan saat mobil melewati jalanan yang tidak rata dan terjal. Disarankan menggunakan suspensi berkualitas sesuai standar agar mobil tidak terasa limbung saat melaju pada kecepatan tinggi.  

    • Bearing

    Keberadaan bearing juga sama pentingnya seperti suspensi karena komponen ini berguna sebagai bantalan roda untuk menjaga laju mobil tetap stabil. 

    Bantalan roda yang sudah rusak bisa diketahui dengan  mengecek perputaran roda setelah didongkrak. Jika terdengar suara bising, sebaiknya segera diganti dengan komponen bearing yang baru.

    • Bushing arm

    Komponen ini mempunyai bentuk seperti selongsong besi yang disangga dengan karet. Bushing arm bertugas sebagai pencengkeram roda dan berfungsi sebagai titik tumpu serta meredam getaran pada sambungan suspensi. 

    Jika ingin mengecek kondisinya, Anda dapat mengamati arah laju roda mobil. Jika arahannya melenceng ke kiri atau kanan, maka tandanya bushing arm harus segera diperbaiki. 

    • Ban 

    Bagian kaki-kaki mobil yang rentan mengalami kerusakan adalah ban karena komponen ini bersentuhan langsung dengan jalan. 

    Maka, tak heran jika sering mengalami pecak, sobek, atau retak. Saat mengecek kondisi ban, jangan sampai melewatkan bagian tie rod dan tie long rod. 

    Untuk memeriksa bagian tersebut, Anda perlu mendongkrak mobil lalu menggerakkan roda ke kanan atau ke kiri seperti posisi saat berbelok. Jika terjadi gesekan atau terdengar bunyi, kemungkinan besar bagian ban sedang bermasalah.  

    • Ball joint

    Komponen ini bertugas sebagai penghubung dan pengikat as roda momen mobil (lower arm). Selain itu, ball joint juga berfungsi mempertahankan posisi lower arm ketika mobil sedang berbelok. 

    Cara mengecek kondisinya yaitu dengan menekan ban ke bawah atau ke atas. Jika terjadi masalah, maka akan ada jeda yang longgar saat ban dinaik-turunkan atau terdengar suara gesekan. 

    • Peer

    Komponen ini termasuk bagian kaki-kaki yang jarang mengalami masalah, tapi akan rusak juga jika sudah termakan usia. Kerusakannya bisa diketahui saat ulir per daun/keongnya patah. 

    Kerusakan pada peer umumnya disebabkan karena terjadi pengikisan pada bushing arm dan selang terlilit di bagian spiral peer. 

    Berkat bagian-bagian di atas, kaki mobil dapat bekerja sempurna sebagai penopang beban sekaligus pengontrol laju mobil.