Berita

    Simak Penyebab Blower Ac Mobil Mati

    AC mobil menjadi faktor penting kenyamanan di dalam mobil. Jika blower AC mobil mati, penumpang di mobil terpaksa harus membuka jendela dan membiarkan angin masuk ke dalam kabin. 

    Namun terkadang cara itupun tidak cukup untuk menghilangkan hawa panas di dalam mobil. Sebaiknya segera cari penyebab blower AC mobil mati dan langsung perbaiki. Atau Anda akan terus menaiki mobil dengan jendela kaca terbuka.

    Penyebab Blower AC Mobil Mati

    Blower AC mobil mati bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya: 

    • Sekring Blower AC Mobil Mati

    Blower AC mobil bisa mati biasanya dikarenakan oleh sekring yang putus. Sekring ini adanya di bagian dalam mesin. Berfungsi untuk mengamankan arus listrik agar tidak terjadi konsleting.

    Sekring AC yang mati bisa menjadi tanda bahwa terdapat lonjakan arus listrik yang terlalu besar. Sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk mencari tahu lebih jauh di mana korsleting terjadi, untuk menghindari bahaya lain yang tidak diinginkan.

    • Rusaknya Motor Blower

    Penyebab selanjutnya bisa berasal dari motor blower yang rusak. Motor atau dinamo adalah bagian yang menggerakkan blower AC mobil. Jika blower berhenti berputar ada kemungkinan asalnya dari motor blower

    Motor blower terdiri dari tiga komponen yaitu magnet, kumparan dan carbon brush. Sebaiknya lakukan pengecekan di bengkel, sebab ada kemungkinan Anda perlu mengganti komponen motor blower ini secara keseluruhan.

    • Resistor Blower AC Terputus

    Karena kerja blower AC mobil berkaitan dengan sistem kelistrikan, penyebab blower mati bisa juga dikarenakan resistor blower. Resistor berfungsi untuk mengatur kecepatan angin yang keluar dari blower.

    Jika resistor terputus, maka tidak akan ada arus listrik  yang bisa mengalir ke blower dan akhirnya membuat AC mobil mati. 

    Resistor blower yang rusak bisa mengakibatkan temperatur udara di dalam kabin jadi berubah-ubah dan tidak terkontrol.

    • Kerusakan pada Relay Blower

    AC mobil mati juga bisa disebabkan oleh rusaknya relay blower. Relay blower sendiri adalah bagian yang bertugas untuk memisahkan pemakaian listrik. Perangkat bagian ini membuat arus listrik bisa sampai dari mesin blower ke saklar AC.