Berita

    Featured Image

    Terlihat Simple, 5 Alat Sangat Membantu Saat Mengemudi

    Terdapat alat yang membantu untuk mengemudi dan menghindari Anda dari berbagai risiko di jalan. Alat tersebut wajib Anda simpan pada bagasi kapanpun Anda melakukan perjalanan. Terutama saat Anda ingin berkendara dalam jarak yang jauh.

    Membawa alat-alat ini akan mengeluarkan Anda dari situasi tidak terduga. Misalnya, ban yang bocor di tengah perjalanan. Anda juga bisa menemukan berbagai alat ini di toko otomotif. Ketahui apa saja alatnya melalui uraian berikut! 

    Ini 5 Alat yang Membantu untuk Mengemudi

    Setiap pengemudi perlu memiliki alat ini ketika melakukan perjalanan agar dapat mengatasi berbagai masalah yang umum terjadi ketika mengemudi:

    • Kunci Pas Mur

    Alat berupa kunci pas mur atau lugnut ini umumnya disertakan pada kit ban serep untuk setiap mobil. Tetapi, Anda mungkin saja kehilangan alat ini ketika melakukan perbaikan di pinggir jalan secara tergesa-gesa.

    Apabila tidak ada kunci pas, maka penggantian ban tidak bisa Anda lakukan. Situasi ban bocor di tengah perjalanan pun menjadi lebih rumit karena alat ini tidak Anda miliki saat dibutuhkan.

    Kunci pas mur roda telah dirancang agar ukurannya cocok dengan mur roda. Fungsinya untuk mengencangkan roda pada poros mobil Anda. Jadi, pastikan Anda mempunyai salah satu dari kunci pas ini pada kit penggantian ban.

    Apabila belum memilikinya, segera beli dan simpan pada kit mobil tersebut. Ini akan sangat membantu Anda agar dapat mengatasi masalah ban bocor di tengah jalan.

    • Alat Pengukur Tekanan Ban

    Pengukur tekanan ban termasuk penting dan menjadi alat yang membantu untuk mengemudi. Alat ini akan memastikan ban terisi dengan angin dalam kapasitas yang tepat. 

    Jika ban Anda bocor dan harus mengganti dengan ban serep, alat ini yang akan memompa ban sampai mencapai tekanan udara yang sesuai standar.

    Alat ini bekerja dengan melakukan pengukuran kekuatan udara dari ban ketika terpasang pada katup. Untuk jenis yang paling umum berbentuk silinder kecil dan terdapat tab yang akan keluar ketika alat terhubung pada ban. Tab akan ditandai menggunakan Pound per Inch (PPI). 

    Selain itu, jenis pengukur tekanan digital tidak kalah umum digunakan. Versi digital ini banyak dipilih karena menghasilkan pengukuran PPI lebih akurat. 

    • Kabel Jumper

    Berikutnya, terdapat kabel jumper yang wajib ada pada setiap bagasi mobil. Alat ini dapat Anda andalkan saat mobil mogok. Melalui seperangkat kabel jumper, pengemudi lainnya dapat membantu Anda ataupun sebaliknya.

    Namun, pastikan alat satu ini selalu dalam kondisi yang prima. Hindari sobek di lapisan karet kabel ataupun karat di bagian klem. Kemudian, Anda sebaiknya membeli kabel jumper dengan ukuran minimal sepuluh kaki.  

    • Rantai atau Tali

    Bagi rata-rata pengemudi, rantai atau tali derek jadi alat yang membantu untuk mengemudi. Terutama ketika kendaraan mengalami mogok. Anda pun dapat membantu pengemudi lain yang mengalami mogok dengan menariknya menggunakan tali derek.

    tali derek mobilFreepik.com

    Ini juga bisa menghindari biaya truk derek yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, alat ini juga dapat membantu Anda mengangkut barang bawaan dengan beban yang tinggi di dalam bagasi.

    • Obeng   

    Satu lagi alat yang wajib Anda miliki di dalam mobil, yaitu obeng. Alat ini akan menjadi penyelamat di saat Anda harus melakukan penggantian komponen mobil seperti wiper hingga lampu. Beli satu set alat ini secara khusus untuk mobil agar dapat Anda temukan dengan mudah saat dibutuhkan.