Berita

    Featured Image

    Cara Aman Membersihkan Kaca Mobil Berdasarkan Jenisnya

    Demi memastikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara, penting sekali bagi Anda untuk membersihkan area kaca mobil. Ada beberapa tips membersihkan kaca mobil yang dapat Anda terapkan sesuai dengan jenisnya masing-masing. 

    Pembersihan kaca mobil perlu dilakukan secara rutin agar tidak buram. Jika kaca mobil buram maka akan sulit bagi Anda untuk melihat saat berkendara. Selain itu kotoran pada kaca yang dibiarkan begitu saja bisa memicu munculnya jamur. 

    Tips Membersihkan Kaca Mobil

    Perlu diketahui bahwa ada 3 jenis kaca mobil yang saat ini biasa digunakan. Pertama ada kaca tempered yaitu jenis kaca terkuat dengan kualitas yang sangat bagus. Ketebalannya sampai 5 mm dan bisa tahan benturan hingga 1500 kg/cm2.

    Kemudian ada partially tempered, jenis kaca yang memakai kaca tempered di bagian tengah lalu di bagian tepi memakai jenis kaca lain. Lalu ada pula jenis kaca laminated yang biasa digunakan di bagian kaca depan mobil. 

    Apapun jenis kaca mobil yang Anda gunakan, pastikan untuk merawat dan membersihkannya secara rutin. Berikut ini langkah aman yang bisa Anda lakukan saat ingin membersihkan kaca mobil. 

    • Bersihkan secara Rutin

    Apapun jenis kaca yang Anda gunakan, pastikan untuk selalu membersihkannya secara rutin. Membersihkan kaca secara rutin akan membantu menjaga kaca selalu bersih dan jernih. 

    Hal ini penting untuk dilakukan baik saat mobil digunakan setiap hari maupun tidak. Bagaimanapun juga, kaca mobil Anda akan terpapar debu dan kotoran. Tumpukan debu tersebut bisa bertambah tebal jika tidak dibersihkan secara rutin. 

    Meskipun Anda tidak mencuci mobil, namun cobalah untuk tetap membersihkan bagian kaca. Misalnya saja dengan mengelap permukaan kaca agar tidak tertutup debu. 

    • Gunakan Lap Microfiber yang Bersih

    Tips berikutnya, pakailah kain lap microfiber yang bersih. Hindari memakai sembarang jenis kain untuk mengelap bagian kaca. Pilih kain microfiber yang permukaannya lembut dan didesain bisa mengangkat debu dengan sempurna. 

    Pastikan juga kainnya benar-benar dalam kondisi bersih. Hindari kain yang sudah lama tidak dipakai karena biasanya kain tersebut berdebu dan ada partikel kasar yang justru akan merusak permukaan kaca. 

    • Periksa Karet Wiper secara Berkala

    Tips membersihkan kaca mobil berikutnya adalah periksa karet wiper Anda secara berkala. Ini dilakukan khusus untuk bagian kaca yang ada wiper-nya yaitu kaca depan dan kaca belakang. 

    Periksa Karet Wiper secara Berkala

    Wiper memiliki fungsi penting yaitu membersihkan percikan air yang menempel di permukaan kaca. Secara otomatis permukaan wiper ini akan menempel langsung dan menggesek area kaca mobil Anda. 

    Jika wiper sudah aus dan permukaannya tidak lagi rata maka alat ini justru bisa merusak permukaan kaca Anda. Apapun jenis kaca yang digunakan, pastikan untuk memakai wiper dalam kondisi bagus. 

    • Jaga Kaca agar Selalu Kering

    Sangat disarankan untuk selalu menjaga kaca agar kondisinya selalu kering. Jika Anda baru saja selesai mencuci mobil atau berkendara di tengah hujan, segera keringkan permukaan kaca secepat mungkin. 

    Membiarkan permukaan kaca basah untuk waktu lama akan memberi dampak buruk. Biasanya air tersebut bisa memicu munculnya jamur pada permukaan kaca. Belum lagi jika airnya kotor, misalnya saja air hujan. 

    Anda bisa mencoba beberapa tips membersihkan kaca mobil ini demi menjaga kondisinya tetap bagus. Silakan klik di sini jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak tips menarik seputar perawatan mobil.