Website Resmi Nusantara Jaya Sentosa

Berita

Kumpulan informasi terbaru dari Suzuki hingga tips dan trik berkendara ada disini.

    Banner Image Mobile Banner Image

    Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi

    Oli gardan dan oli transmisi memiliki fungsi yang kurang lebih sama yakni melumasi komponen mobil. Oli transmisi bertugas melumasi transmisi. Sementara oli gardan melumasi gardan atau diferensial untuk mengoptimalkan kinerjanya. Meskipun kedua nama oli tersebut secara penyebutan berbeda, banyak orang yang kadang menganggap kedua oli tersebut sama. Bahkan ada yang tak mengetahui fungsi oli gardan. Mereka menganggap dengan mengganti oli mesin, semua masalah pelumasan pada mobil selesai.

    Padahal fungsi oli transmisi berbeda dengan oli gardan. Oli transmisi biasanya digunakan untuk melumasi gear percepatan, agar tetap bekerja dengan halus karena tidak adanya gesekan pada komponen komponen transmisi

     

    berbeda dengan oli gardan yang melumasi komponen gardan seperti side gear, drive pinion, dan berbagai komponen lain. Beberapa produk otomotif memang menggunakan jenis oli yang sama untuk transmisi dan gardan. Namun itu hanya sebagian, karena pada umumnya pabrikan membedakan pelumas transmisi dan gardan.