Berita

    Featured Image

    Cara Mengecek Busi yang Bagus dan Berkualitas

    Dalam sistem pengapian diperlukan busi yang bagus untuk menghasilkan performa mesin yang maksimal. Busi berfungsi menghasilkan percikan api agar pembakaran udara dan bahan bakar di mesin dapat bekerja optimal. 

    Tanpa busi proses pembakaran tidak akan terjadi dan mobil tidak akan melaju. Itu sebabnya mobil membutuhkan busi yang berkualitas agar performanya tetap terjaga. Berikut beberapa cara memilih busi yang tepat untuk mobil. 

    Cara Memilih dan Mengecek Busi yang Bagus untuk Mobil

    Berdasarkan fungsinya tentu pemilihan busi tidak boleh sembarangan agar mobil bisa menghasilkan performa yang optimal. Untuk memperoleh busi yang tepat sebaiknya ikuti beberapa cara berikut ini. 

    • Mencari Tahu Jenis-jenis Busi Mobil

    Langkah pertama Anda harus memahami jenis-jenis dan ukuran busi mobil untuk menentukan jenis mana yang cocok. Secara umum busi mobil terdiri dari 3 jenis di antaranya yaitu busi standar, busi platinum, dan busi iridium.

    Masing-masing jenis memiliki sifat dan fungsi yang berbeda, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan mobil. Berikut rincian selengkapnya mengenai ketiga jenis busi mobil tersebut:

    • Busi standar adalah jenis busi yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Jenis ini umumnya digunakan untuk keperluan mobilitas sehari-hari. Umumnya busi standar mempunyai masa pakai yang lebih lama dan dapat menghasilkan performa mesin yang stabil. 

    • Busi iridium adalah jenis busi yang masuk dalam tipe dingin  dan biasanya dipakai untuk mobil dengan performa tinggi. Jenis busi ini kurang cocok untuk kebutuhan mobilitas harian. 

    Karena membuat stasioner mesin menjadi tidak stabil bila digunakan pada mesin berkompresi rendah. Jika dipaksakan masa pakainya pun tidak akan lama dan harus diganti dengan yang baru. 

    • Busi platinum sebenarnya tidak jauh berbeda dengan busi standar tapi performanya lebih bagus. Busi jenis ini dapat menghasilkan tenaga lebih cepat di putaran bawah namun masa pakainya lebih singkat dibanding busi standar. 

    • Sesuaikan Jenis Busi dengan Spesifikasi Mobil

    Ketika membeli busi sebaiknya jangan fokus pada jenis dan kelebihannya saja tapi sesuaikan juga dengan spesifikasi mobil. 

    busi

    Jika spesifikasi mobil Anda tidak memungkinkan menggunakan busi jenis iridium atau platinum sebaiknya jangan dipaksakan. 

    • Sesuaikan dengan Kondisi Berkendara

    Cara memilih busi yang bagus berikutnya yaitu dengan mengenali bagaimana kondisi berkendara masing-masing. Jika Anda sering berkendara di jalanan ekstrem sebaiknya carilah busi yang tahan terhadap kondisi jalanan tersebut. 

    • Perhatikan Batas Waktu Pemakainya

    Untuk kendaraan sehari-hari Anda perlu busi yang masa pakainya lama agar tidak terlalu sering menggantinya. Lain halnya jika memerlukan performa tinggi tentu Anda harus siap dengan masa pakai yang lebih singkat.

    • Cari Tahu Merek dan Kualitasnya

    Tidak semua merek busi memiliki kualitas yang sama jadi jangan asal pilih merek saat membelinya. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai reputasi dari merek tersebut, bila perlu mintalah pendapat dari orang lain mengenai kualitasnya.

    Dengan bergabung ke komunitas otomotif agar mendapat rekomendasi mengenai merek-merek busi yang berkualitas tinggi. 

    Busi yang bagus menjadi komponen penting dalam mendukung proses pembakaran bahan bakar, sehingga kondisinya harus dicek secara rutin agar tidak mengganggu performa mesin. Jika sistem pembakaran mobil Anda mulai bermasalah sebaiknya segera cek bagian businya.