Berita

    Mobil Terkena Banjir? Ini Hal-hal yang Harus Segera Dilakukan

    Indonesia termasuk negara yang seringkali mengalami banjir pada musim hujan. Untuk itu sebagai pemilik kendaraan, Anda juga harus siap sedia dalam menghadapi ini. Apabila mobil terkena banjir, maka sebaiknya lakukan langkah-langkah tanggap darurat.

    Tenang saja, langkah ini tidak susah kok. Asalkan Anda menghadapinya tetap tenang dan tentu saja harus mempelajarinya terlebih dahulu. Supaya nanti jika banjir datang, Anda sudah cukup mahir.

    Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir

    Ada beberapa solusi apabila mobil Anda kebanjiran. Apalagi jika kawasan rumah Anda memang menjadi langganan banjir. 

    Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda mengatasi situasi mobil terendam banjir. Sehingga kendaraan Anda terlindungi dari bahaya air yang masuk ke mesin. Berikut ini selengkapnya!

    1. Jangan Menghidupkan mesin

    Jika mobil Anda terendam air, hindari menyalakan mesin. Sebab apabila mesin menyala saat masih terendam air, dapat menyebabkan kerusakan yang serius.

    Maka dari itu, tidak disarankan untuk menerjang banjir. Apalagi jika ketinggian air sudah rawan untuk masuk ke mesin. Sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk melewati banjir tersebut.

    2. Lepaskan Kelistrikan

    Langkah kedua adalah dengan melepaskan rangkaian kelistrikan pada mobil. Antara lain kabel negatif di aki supaya tidak terjadi korsleting listrik pada mesin mobil Anda.

    Apalagi jika mobil Anda keluaran terbaru. Maka hal ini penting dilakukan untuk mengamankan sistem otomatis pada mobil Anda. Pastikan pula tidak ada air yang masuk di sekitaran kelistrikan tersebut.

    3. Keringkan Bagian Pembakaran

    Cara ketiga apabila mobil terkena banjir adalah dengan memeriksa mesin khususnya bagian pembakaran atau pengapian. Pada komponen ini, terdapat saringan udara, karburator, koil, alternator, delco kabel dan busi. Komponen tersebut mudah mengalami kerusakan apabila terendam banjir