Berita

    Ini Dia Fungsi Carbon Cleaner Mobil

    Ruang bakar mobil harus dijaga kebersihannya. Karena, ruang bakar yang bersih, dapat membuat performa mobil lebih baik. Apabila mulai muncul kerak bandel sisa pembakaran, sebaiknya bersihkan dengan carbon cleaner mobil. 

    Apa itu? Yuk ketahui apa itu carbon cleaner untuk mobil fungsi dan kapan waktu yang tepat untuk mobil memakai pembersih ini.

    Kegunaan Carbon Cleaner Mobil

    Carbon cleaner adalah sebuah pembersih untuk “mengusir” kerak atau kotoran yang ada dalam ruang pembakaran mobil. Seperti yang Anda tahu, ruang ini menghasilkan sisa pembakaran berupa kerak karbon. Apabila dibiarkan menumpuk, maka bisa mengganggu proses pembakaran energi.

    Nah, untuk membersihkan sisa pembakaran ini, tidak mungkin dilakukan dengan pembersih sembarangan. Harus yang khusus karbon, agar tidak berpengaruh pada kinerja ruang bakar.

    Carbon cleaner ini memiliki dua bentuk, yaitu cairan dan juga foam atau busa. Sesuaikan pakaian dengan kebutuhan mobil Anda. Sebab, beberapa mekanik menyebut jika dua bentuk ini pemakaiannya berbeda pada tiap komponen.

    Misalnya saja untuk cleaner dalam bentuk foam, aman digunakan untuk membersihkan silinder, piston dan klep. Sementara untuk cleaner berbentuk cairan semprot, lebih aman untuk membersihkan karburator sampai ke bagian sela-sela.

    Namun, apabila Anda terpaksa harus menggunakan salah satu jenis saja, misalnya dalam bentuk spray, maka pastikan seluruh cairannya bersih. Sebab jika ada yang tersisa, maka akan membahayakan komponen pembakaran Anda. 

    Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Pembersih Karbon?

    Meskipun penting membersihkan kerak sisa pembakaran, tapi Anda tidak bisa terlalu sering menggunakannya. Apalagi jika membiarkannya terlalu menumpuk. Untuk itu, ada waktu ideal untuk membersihkan sisa pembakaran ini.

    Beberapa mekanik menyarankan, waktu yang tepat untuk menggunakan carbon cleaner mobil adalah setelah pemakaian minimal 3.000 kilometer. Sementara batas maksimalnya 20.000 kilometer. Apabila dihitung, berarti paling tidak Anda bersih-bersih sisa pembakaran selama 2 tahun sekali.

    Cara Pilih Pembersih Karbon Mobil

    Ada banyak cairan pembersih kerak mobil yang beredar di pasaran. Namun, Anda tetap harus berhati-hati sebelum memilihnya. Berikut cara memilih carbon cleaner mobil yang baik: