Berita

    Kenali Penyebab Central Lock Mobil Tidak Berfungsi

    Central lock mobil merupakan fitur keamanan yang membuat pengemudi dapat mengunci semua pintu dengan satu tombol. Dengan begitu pengendara bisa mengemudi dengan lebih tenang. 

    Namun central lock mobil juga bisa mengalami kerusakan. Sampai mobil harus dibawa ke bengkel untuk memperbaiki sistem kunci otomatis. Penyebab central lock mobil cukup beragam. Bisa karena usia pemakaian atau karena ada kabel yang rusak. 

    Penyebab Central Lock Mobil Tidak Berfungsi

    Ketika central lock bermasalah, Anda bisa mencari tahu penyebab dengan mengecek beberapa hal di bawah ini: 

    • Dinamo Motor Melemah

    Faktor penyebab pertama bisa karena dinamo motor yang menggerakkan pengunci. Ketika kinerja dinamo sudah mulai melemah, sistem otomatis penguncian mobil tidak dapat bekerja. 

    • Ada Rangkaian Kabel yang Rusak

    Pada sistem central lock terdapat banyak rangkaian kabel yang fungsinya adalah mengalirkan arus listrik. Ketika ada kabel yang rusak atau aus, maka akan menghambat arus listrik. Akhirnya membuat central lock mobil tidak bisa berfungsi

    • Modul Bermasalah

    Dinamo dan modul merupakan komponen penting dalam central lock  mobil. Ketika salah satunya mengalami masalah, penguncian otomatis tidak akan bekerja. 

    Modul sendiri berfungsi untuk meneruskan arus listrik. Jika terhambat maka central lock tidak bisa bekerja dengan normal.

    • Usia Pemakaian 

    Central lock mobil juga memiliki batas usia pemakaian. Ketika masa pakai central lock sudah terlewati, maka akan berpengaruh pada kinerjanya. Untuk mengetahuinya pemilik kendaraan harus sering mengecek kondisi central lock secara berkala.

    • Komponen Berkarat

    Komponen yang berkarat juga bisa menjadi penyebab central lock  tidak berfungsi. Sebab karat ataupun kerak bisa menganggu sistem kerja setiap komponen dalam central lock. 

    Itulah dia penyebab central lock  tidak bisa berfungsi. Meski Anda sudah mengetahui apa saja faktor kerusakannya, tetapi lebih baik bawa mobil ke bengkel resmi untuk diperbaiki. 

    Serahkan urusan perbaikan sistem penguncian mobil kepada orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman. Jika Anda mencoba memperbaikinya sendiri, takut mempengaruhi fungsi komponen atau sistem lain  dari dalam mobil.

    Cara Merawat Central Lock Mobil