Berita

    Kenali Gejala PCV Valve Rusak Pada Mobil

    Seperti yang Anda ketahui, sistem pembakaran pada mobil melibatkan banyak komponen. Salah satu komponen yang berperan penting di dalam sistem tersebut yaitu PCV Valve. Maka dari itu, penting untuk mengenali gejala PCV Valve rusak sejak dini agar bisa segera teratasi.

    Berikut ini kami sudah merangkum apa saja gejala-gejala yang perlu Anda perhatikan terkait adanya kerusakan pada komponen tersebut.

    Gejala PCV Valve Rusak yang Harus Diketahui

    Positive Crankcase Ventilation atau PCV, merupakan sistem yang berfungsi sebagai pengeluaran gas yang berlebihan pada mobil. Komponen ini juga dikenal dengan istilah katup PCV.

    Ada beberapa gejala kerusakan pada komponen ini yang bisa Anda kenali. Berikut adalah gejala-gejalanya tersebut.

            1. Katup Tersumbat atau Tertutup

    Gejala PCV Valve rusak yang pertama yaitu akibat tersumbat, atau tertutupnya katup tersebut. Biasanya katup PCV yang tertutup ditunjukkan oleh beberapa gejala seperti:

    • Oli bocor
    • Tertutup oleh lumpur atau air yang ada dalam mobil
    • Gasket yang failed
    • Munculnya asap hitam pada mesin penggerak

    Kondisi-kondisi ini bisa menjadi gejala adanya permasalahan pada komponen tersebut.  Jika muncul salah satu atau gejala-gejala di atas, silahkan Anda cek secara mendetail agar tidak semakin parah.

            2. Katup Sering Macet

    Permasalahan katup PCV yang sering macet ini bisa memengaruhi beberapa aspek. Katup yang macet bisa diakibatkan oleh kekurangan cairan udara di dalam mesin, oli berada di katup PCV hingga penggunaan bensin yang terlalu berlebihan.

    Kondisi yang lebih parah dari katup PCV yang macet bahkan bisa mengakibatkan mesin menjadi sangat keras, kosong dan juga tidak menyala.

            3. Katup yang Terbuka

    Untuk mengenali kondisi katup PCV yang terbuka biasanya bisa Anda cek melalui check engine yang hidup. Gejala PCV Valve rusak ini bisa dengan mudah Anda deteksi karena terdapat indikatornya.

    Pentingnya Menjaga Katup PCV Agar Tetap Normal

    Sangat penting bagi para pemilik mobil untuk memperhatikan kualitas dan fungsi katup PCV. Karena jika komponen ini terawat dengan benar, maka akan akan ada sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan sebagai berikut:

            1. Hemat Bahan Bakar