Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Aki Mobil yang Soak

    Berfungsi sebagai penyedia daya listrik untuk berbagai komponen mobil, aki menjadi elemen penting yang harus Anda perhatikan. Sebab ketika aki mobil soak, maka pengoperasian mobil menjadi kurang maksimal karena kekurangan pasokan daya listriknya.

    Anda bahkan sudah tidak bisa melakukan starter mobil ketika akinya habis, dikarenakan daya listrik untuk menyalakannya tidak ada.

    Itulah mengapa Anda harus memahami cara mengatasi aki mobil yang soak berikut ini, agar tidak perlu menunggu ke bengkel untuk membuat mobil berfungsi kembali.

    Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

    Cukup banyak dampak negatif yang akan Anda dapatkan apabila membiarkan aki soak dan tidak mengatasinya dengan segera. Untuk itu, lakukan langkah di bawah ini untuk mengatasi aki yang soak dan membuat mobil Anda hidup kembali.

    1. Sediakan Peralatan

    Anda membutuhkan peralatan seperti cairan isi ulang dari dua jenis aki, yaitu aki basah (zuur) serta aki kering. Kemudian, siapkan obeng minus, kain lap, alat suntik tinta printer, serta selotip.

    Sediakan deretan peralatan tersebut agar Anda dapat memulai proses menyalakan mobil kembali.

    2. Melepaskan Aki

    Ketika Anda sudah memiliki seluruh peralatan yang dibutuhkan, maka proses melepaskan aki bisa Anda mulai. Anda harus melakukan langkah ini dengan hati-hati dan jangan gegabah, bisa dimulai dari melepaskan kutub positif aki dulu. 

    Kemudian, lanjutkan dengan melepaskan kutub negatifnya. Anda bisa menghindari percikan api yang bisa muncul akibat gesekan logam apabila tidak berhati-hati dalam proses tersebut. 

    3. Membersihkan Aki

    Jika Anda sudah selesai melepaskan aki dari semua kabel yang ada di mobil, maka Anda bisa memulai proses membersihkan aki. Gunakan lap kain yang bersih untuk mengusap bagian kotornya, sehingga mendapatkan hasil bersih sempurna.

    4. Membongkar Penutup Aki

    Langkah untuk mengatasi aki mobil soak selanjutnya adalah membongkar penutup aki. Anda bisa menuju langkah yang satu ini setelah proses membersihkan aki selesai dilakukan. 

    Anda dapat membuka penutup aki dengan bantuan obeng minus. Arahkan obeng sampai ke tulisan berbunyi ‘Do Not Open’, lalu lanjutkan dengan hal serupa pada bagian samping serta belakang penutup.

    5. Mengisi Cairan Aki 

    Bila Anda telah selesai membuka seluruh tutup aki, Anda akan mendapati ada enam buah lubang berukuran kecil sebagai tempat mengisi air akinya. Isi lubang tersebut dengan air aki atau zuur dengan hati-hati.