Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Mobil Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

    Ketika melihat knalpot mobil ngebul, pasti Anda akan langsung panic. Memang, mobil yang mengeluarkan asap putih dari knalpot menjadi hal yang harus diwaspadai. Karena, kemunculan asap ini menandakan terdapat hal yang tidak beres. 

    Lebih-lebih bila hal tersebut disertai dengan bau gosong, suhu mobil yang panas dan lainnya. Jika Anda menjumpai hal seperti ini, siap-siap untuk mengeluarkan budget yang cukup besar untuk melakukan perbaikan. 

    Penyebab Knalpot Mobil Ngebul

    Berikut sejumlah penyebab keluarnya asap putih dari knalpot, antara lain:

            1. Kebocoran Oli Sampai di Ruang Pembakaran

    Bocornya oli hingga ke ruang bakar merupakan salah satu penyebab kendaraan mengeluarkan asap putih yang berasal dari knalpot. Penyebab oli bocor hingga ke ruang bakar sangat beragam seperti silinder mesin aus, klep bocor, hingga adanya retakan di dinding silinder. 

    Bila hal ini terjadi, mobil bukan hanya bisa mengeluarkan asap putih tebal yang berasal dari knalpot, tetapi juga mengalami sejumlah masalah lain seperti mesin sukar dihidupkan dan lainnya. 

            2. Kebocoran Air Pendingin

    Bocornya air pendingin sampai ke ruang bakar serta sistem exhaust juga dapat menghasilkan asap putih. Bocornya air pendingin ini bisa disebabkan karena retakan  di dinding silinder. Tidak hanya asap putih, bocornya air pendingin juga bisa membuat suhu mesin mengalami kenaikan. 

            3. Adanya Sisa Air Di Knalpot

    Knalpot mobil dapat membuat genangan air terperangkap ke dalamnya. Bila hal ini terjadi, tetesan air yang terperangkap dapat menguap karena gas buang. Hasil penguapan ini dapat membentuk asap yang berwarna putih. 

    Biasanya, masalah ini tidak berlangsung lama. Jika genangan air sudah habis, asap putih akan menghilang. Meskipun demikian, hindari membiarkan air selalu masuk dalam knalpot, karena dapat membuat pipa pembuangan keropos. 

            4. Gas Buang Mengembun

    Mobil yang memiliki sistem pembakaran sempurna umumnya tidak akan mengeluarkan asap putih. Namun, bila pembakaran tidak sempurna seperti terjadi pengembunan, biasanya asap putih akan langsung mengepul dari knalpot. 

            5. Oli Bocor

    Umumnya, komponen turbo mempunyai kompresi tinggi. Cara kerja yang dimiliki turbo ialah menggunakan gas buang untuk memutar kompresor dan menekan udara di intake manifold. Karena banyaknya komponen yang bergesekan, turbo membutuhkan pelumas yang biasanya diambil dari mesin.