Berita

    Ketahui Jenis-Jenis Freon AC Mobil

    Freon AC mobil berfungsi untuk menyerap udara panas dan memberikan suhu sejuk dalam mobil. Pasalnya, freon berupa cairan yang memiliki zat kimia yang berguna untuk menyerap laten pada AC mobil. 

    Hal inilah yang membuat panas dalam mobil berubah menjadi sejuk. Sehingga membuat Anda semakin nyaman saat berkendara meskipun dalam waktu yang cukup lama.

    Ternyata terdapat berbagai jenis freon AC pada mobil sesuai dengan bahan dasar pembuatannya. Kira-kira apa saja jenis freon AC? Berikut ulasannya:

    • R-12

    Jenis freon ini sering dipakai di tahun 1980-an sampai 1990-an. Freon R-12 ini dibentuk dari zat metana dan etana yang didalamnya terdapat chloro, fluoro, dan carbon (CFC).

    Ada beberapa kelebihan dari freon R-12 diantaranya tidak memiliki warna dan racun, daya elektrik yang tinggi, dan relatif stabil meskipun berada pada suhu yang tinggi maupun rendah. Sayangnya, sekarang freon R-12 sudah tidak bisa dipakai lagi pada AC mobil. 

    Pasalnya, zat cloro dapat merusak lingkungan sekitar terutama dapat membuat lapisan ozon menipis.

    • R-22

    Karena dampaknya yang bisa merusak lingkungan, maka dibuatlah jenis freon baru R-22. Freon ini dibentuk dari zat hidro, chloro, fluoro, dan carbon (HCFC). 

    Sayangnya, jenis ini juga masih mengandung zat cholo yang bisa merusak lingkungan. Namun, pengaruhnya lebih kecil ketimbang jenis freon sebelumnya R-12.

    Sama halnya dengan freon R-12, freon AC mobil jenis ini juga memiliki daya elektrik yang cukup tinggi.  Kelebihan lainnya dari freon ini adalah mampu menyerap air dengan baik dan tidak menyebabkan adanya korosif logam.

    • R-134a

    Freon R-134a merupakan jenis freon AC mobil yang paling banyak dipakai saat ini. Terbuat dari bahan refrigerant HFC. Sehingga jenis freon ini tidak mengandung cloro yang bisa merusak lingkungan.

    Selain itu, kelebihan jenis freon ini memiliki bentuk struktur zat kimia yang cukup stabil. Dan juga memiliki kelebihan yang dimiliki oleh jenis freon sebelumnya. Misalnya saja, mempunya daya elektrik yang cukup tinggi, dan tidak menyebabkan korosi pada logam.

    Dan pastikan jenis freon ini tidak bisa dijadikan satu dengan jenis freon lainnya. Apalagi pada jenis freon yang tidak memiliki kandungan HFC.

    • Hydrocarbon

    Freon ini dibuat dengan maksud agar zat yang berasal dari freon mobil tidak merusak lingkungan. Sama dengan namanya freon hydrocarbon terbuat dari bahan alami perpaduan antara hidrogen dan karbon.