Berita

    Memahami Cara Mengisi Freon AC Mobil yang Benar

    Ada kalanya mobil terasa tidak dingin lagi walaupun AC sudah dinyalakan. Hal itu bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya freon AC mobil yang sudah habis. Jika begitu Anda bisa mengisinya sendiri dengan mempelajari cara mengisi freon AC mobil yang benar. 

    Cara mengisi freon AC pada mobil memang tidak mudah dan apalagi untuk pemula. Tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui cara mengisi freon tersebut. Hal ini akan memudahkan jika terjadi keadaan mendesak di suatu saat nanti. 

    Selain itu, mengetahui cara mengisi freon AC akan lebih menghemat pengeluaran. Hal ini karena pengisian freon AC mobil oleh ahlinya akan membutuhkan biaya tambahan. Biaya ini bisa Anda hemat jika bisa melakukannya sendiri. 

    Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil 

    Untuk mengetahui cara mengisi freon AC yang benar, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama. Untuk diingat, bahwa tiap langkah harus dilakukan secara berurutan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

            1. Kosongkan Freon yang Lama

    Sebelum mengisi freon AC mobil yang baru. Jangan lupa untuk mengosongkan freon AC yang lama atau yang masih tersisa lalu membersihkan semua bagian AC mobil Anda. Tidak mengosongkan freon yang lama akan membuat masalah di kemudian hari. 

            2. Siapkan Manifold Gauge dan Pasang ke Portnya.

    Untuk mengisi freon AC selanjutnya, Anda harus mempersiapkan alat pembaca tinggi atau rendahnya tekanan bernama manifold gauge. Setelah itu pasangkan ke port yang sesuai. Untuk portnya bisa menggunakan petunjuk di bawah ini.

    • Selang biru dipasang di low pressure pentil
    • Selang merah dipasang di high pressure pentil
    • Selang kuning dipasang di tengah tabung freon


            3. Longgarkan Valve Pada Tabung

    Setelah pemasangan manifold gauge dan portnya, pastikan juga semua valve tertutup denagn rapat sebelum dimulai proses pengisiannya. 

    Setelah itu buka valve tabung dan longgarkan mur pada selang kuning di manifold gauge. Tunggu beberapa detik sampai keluar suara desisan. Setelah itu tutup lagi valve dan mur yang tadi dibuka. 

            4. Nyalakan Mesin dan AC

    Nyalakan mesin dan AC dengan suhu terdingin. Setel mesin hingga mencapai maksimal 1500 rpm. Lalu buka valve dan manifold gauge untuk mengecek kabel merah serta biru.