Berita

    Mengenal dan Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Ban Mobil

    Seringkali, pemilik mobil menemukan ban mobil bermasalah dan merasa hal tersebut mengganggu. Karena merupakan komponen vital, kondisi ban memang perlu diperhatikan dengan betul.

    Ada berbagai jenis masalah yang umum terjadi pada ban mobil, sebaiknya Anda mengetahui hal ini supaya bisa mengatasi dan mencegahnya. Simak penjelasan berikut hingga tuntas dan pastikan ban mobil Anda lebih terawat!

    Kenali Ban Mobil Bermasalah dan Cara Mengatasinya

    Berbagai hal bisa menjadi penyebab masalah pada komponen ban mobil, misalnya karena mobil sering melintasi jalan yang kurang mulus atau karena pengemudi terlalu sering melakukan pengereman mendadak.

    Ada berbagai jenis kerusakan umum pada ban mobil yang sebaiknya Anda ketahui. Perhatikan penjelasan berikut ini supaya bisa mengetahui risiko apa saja yang mungkin terjadi pada ban mobil.

    • Aus Spot

    Masalah pertama yang bisa terjadi pada ban mobil yaitu aus spot atau jenis aus yang memiliki bentuk mirip dengan lekukan pada bagian pinggir ban. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh terjadinya selip pada bagian tapak ban.

    Lekukan aus yang satu ini juga sering terlihat mirip seperti mangkuk. Dampak dari masalah ini yaitu bisa menyebabkan kerusakan pada berbagai bagian, misalnya ball joint, bearing roda, tie rod end, dan sebagainya.

    Untuk dapat mengatasi kerusakan ini dengan optimal, Anda bisa memeriksakan kondisi ban ke bengkel.

    Selain itu, berbagai tindakan pencegahan juga bisa dilakukan, misalnya dengan lebih memperhatikan lagi kondisi jalanan saat berkendara. Sebisa mungkin, hindari berbagai jenis jalan yang kurang mulus.

    • Aus Tidak Rata atau Irregular Wear

    Masih bicara soal jenis aus mobil, masalah kedua ini juga umum terjadi pada berbagai jenis mobil.

    Penyebab umumnya yaitu bisa jadi karena suspensi tidak bekerja dengan baik, spooring tidak seimbang atau tidak pas, dan tekanan angin pada ban tidak stabil (terlalu banyak atau terlalu sedikit).

    Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka Anda perlu memperhatikan dengan baik kondisi suspensinya, melakukan spooring secara rutin, serta memastikan kondisi tekanan angin.

    Jika kondisi ban sudah terlalu parah, maka sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan.

    • Aus Berbulu

    Jenis aus ketiga yang sebaiknya diwaspadai yaitu aus berbulu. Biasanya, Anda dapat mengetahui jenis kerusakan ini ketika menyentuh bagian tapak ban, dari bagian dalam menuju ke bagian luar.