Berita

    Featured Image

    Mengenal Peredam Panas untuk Kap Mobil

    Tahukah Anda, ternyata peredam panas pada kap mobil tidak hanya digunakan untuk menyerap panas. Komponen peredam ini memiliki manfaat yang esensial untuk menjaga performa dan daya tahan mesin kendaraan Anda. 

    Anda akan menemukan peredam ini saat membuka kap kendaraan. Peredam panas biasanya telah terpasang dengan baik di bawah permukaan kap. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat dari pemasangan peredam panas ini? 

    Pahami lebih lanjut melalui penjelasan manfaat dan cara kerja kap kendaraan di bawah ini. 

    Kenali Manfaat Peredam Panas Kap Mobil

    Peredam panas ternyata dipasang sedemikian rupa pada kap kendaraan bukan tanpa alasan. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari komponen esensial ini, diantaranya yaitu:

    • Menyerap Panas

    Fungsi dan manfaat utama dari peredam panas tentunya adalah menyerap panas. Komponen mesin seperti header dan kepala silinder biasanya akan menyalurkan panas pada bagian atas kap mesin. 

    Akibatnya, suhu kap akan meningkat saat mobil berjalan. Mengingat bahwa material kap terbuat dari logam, komponen ini akan dengan mudah menghantarkan panas. Alat peredam ini dirancang untuk menghambat panas dari komponen mesin. 

    Meskipun peredam kap tidak dapat sepenuhnya menghilangkan panas tinggi dari mesin, komponen ini tetap dapat membantu mengurangi suhu mesin secara signifikan.

    Ingat, Anda tidak diperbolehkan untuk menyentuh peredam panas kap mesin dengan tangan secara langsung. Kulit tangan Anda bisa melepuh. 

    • Menjaga Kebersihan Mesin

    Peredam panas ini juga bisa digunakan untuk menjaga kebersihan mesin dari partikel-partikel debu, kotoran, air, dan lain sebagainya. 

    Selain menjaga kebersihan, peredam kap juga bisa melindungi mesin dari bahaya kerusakan dari benda-benda asing. 

    • Meredakan Kebisingan

    Saat mesin mobil bekerja, mesin akan mengeluarkan bunyi yang bising. Peredam ini bisa bermanfaat untuk meredakan kebisingan suara tersebut. 

    Dengan adanya peredam tersebut, suara bising dapat dikendalikan. Maka dari itu, kabin mobil akan terbebas dari kebisingan sehingga tidak menyebabkan polusi suara. 

    Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman saat berkendara dan tentunya tidak mengganggu orang lain. 

    • Melindungi Lapisan Cat Mesin

    Manfaat esensial lainnya dari peredam panas kap kendaraan adalah melindungi lapisan cat mesin. Panas yang dihasilkan mesin bisa saja membuat catnya menjadi belang dan rusak. 

    Hal ini disebabkan oleh radiasi panas mesin yang cukup tinggi. Berkat peredam panas, radiasi bisa berkurang sehingga cat bagian dalam kap bisa bertahan lebih lama. 

    Dengan berbagai manfaat di atas, lantas bagaimana cara kerja dari peredam panas kap kendaraan?

    Cara Kerja Peredam Panas Kap Mobil

    Peredam panas biasanya terbuat dari bahan isolasi seperti busa berbasis fiberglass, material berbasis aluminum, atau glasswool yang memiliki kemampuan isolasi termal unggul.

    Peredam panas dipasang tepat di bagian bawah kap, dimana area tersebut terpapar langsung panas dari mesin. 

    Ketika mesin bekerja, suhu di ruang mesin bisa mencapai lebih dari 100 derajat celcius. Peredam panas akan bekerja dengan cara memantulkan atau menyerap panas tersebut. Hal ini ditujukan untuk mencegah penyebaran panas langsung ke kap kendaraan. 

    Dengan mengurangi jumlah panas yang menyentuh kap mobil, peredam panas membantu melindungi cat mobil dari kerusakan akibat suhu tinggi dan mengurangi risiko kerusakan pada komponen mesin.