Berita

    Dampak Keseringan Parkir Mobil di Luar Rumah

    Dalam merawat mobil sehari-hari, penting selalu menyediakan tempat teduh untuk memarkirkan mobil. Sebab, keseringan parkir di luar rumah bisa berdampak buruk pada mobil kesayangan Anda.

    Terutama jika cuaca dan lingkungan di sekitar sedang buruk, ini bisa mempengaruhi kinerja mesin berkurang. Dari pernyataan tersebut, dapat diketahui bahwa terlalu lama membiarkan mobil di luar ruangan sangat berbahaya.

    Dampak Buruk Mobil Parkir di Luar Rumah

    Kebiasaan memarkirkan mobil di luar ruangan, sebaiknya Anda hentikan sejak saat ini agar tidak menimbulkan masalah ke depannya. Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan akibat keseringan memarkirkan mobil di luar rumah!

    • Estetika Mobil Berkurang

    Efek yang dapat dilihat dari terlalu sering membiarkan mobil di luar adalah pada bagian eksterior kendaraan itu sendiri. Warna cat mobil perlahan akan menjadi kusam dan pudar sehingga mengurangi nilai estetika.

    Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya bisa Anda lakukan dengan rutin melakukan poles body mobil. Langkah ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kecerahan tampilan cat mobil lebih tahan lama.

    • Pengerasan Karet

    Selain mempengaruhi kualitas cat, suhu tinggi juga berpotensi membuat komponen karet pada mobil mengeras. Komponen karet yang bermasalah diantaranya pada bagian pintu hingga wiper mobil.

    Pengerasan karet ini bisa mengakibatkan air merembes terutama saat musim hujan. Sementara bagian karet wiper, ini bisa menimbulkan baret dan menyebabkan noda air berkerak pada bagian permukaan kaca.

    • Kerusakan Jok Mobil

    Selain mempengaruhi bagian eksterior, terlalu lama parkir di luar rumah juga bisa merusak bagian interior mobil. Hal ini terjadi akibat paparan sinar matahari yang menyebabkan suhu di dalam kabin meningkat dan mempengaruhi cat pada dashboard mobil.

    Pengaruh sinar matahari ini juga bisa membuat jok mobil menjadi rusak. Terutama jok dengan lapisan kulit bisa mengalami pecah-pecah akibat kekeringan.

    • Kinerja AC Menurun

    Mobil yang terkena langsung dengan terik matahari dalam waktu lama akan membuat suhu ruang di dalam kabin menjadi tinggi. Tentunya ini akan mempengaruhi kinerja AC yang tidak dapat bekerja dengan maksimal.

    kinerja ac berkurang

    Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda membuka kaca terlebih dahulu sebelum mobil digunakan. Langkah ini perlu dilakukan agar udara panas di dalam mobil bisa keluar sehingga AC bisa bekerja kembali dengan normal.

    • Ancaman Kecelakaan

    Kerusakan mobil tidak hanya faktor alam saja, melainkan bisa juga karena kecelakaan tidak terduga di lingkungan sekitar. Misalnya, jika Anda memarkirkan mobil di pinggir jalan dalam waktu lama, ini memiliki tingkat risiko tabrakan lebih tinggi dibandingkan parkir di garasi.

    Kasus seperti ini seringkali ditemukan yang disebabkan oleh pengemudi tidak bertanggung jawab. Akibatnya Anda harus melakukan perbaikan dengan jumlah biaya yang cukup mahal.

    • Bencana Alam

    Bencana alam seperti badai dan banjir tidak dapat diprediksi sehingga bisa merusak kendaraan yang diparkir di luar rumah dalam waktu sekejap. Kerusakan ini bisa membuat Anda menghadapi kerugian besar.

    Bahkan bencana alam yang tergolong besar seperti gempa bumi juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Sehingga sulit sekali kendaraan yang tertimpa musibah ini dapat diperbaiki seperti semula.

    • Pencurian

    Salah satu risiko yang memungkinkan terjadi apabila mobil diparkir di luar rumah, tentu sangat riskan terhadap pencurian. Terlebih jika Anda membiarkan mobil parkir di jalan umum atau rumah.

    Di beberapa kasus, mobil bisa saja dicuri secara keseluruhan. Namun, tidak menutup kemungkinan pencuri akan mengambil beberapa bagian penting saja seperti kaca spion, lampu, ban, hingga barang berharga yang ditinggalkan di dalam mobil.