Berita

    Mengoptimalkan Ruang Bagasi: Tips dan Trik Penyusunan Barang yang Efisien

    Anda bisa memanfaatkan mobil pribadi untuk berbagai keperluan, termasuk untuk melakukan perjalanan bersama orang-orang terdekat. Berbagai jenis barang juga bisa dibawa dan diletakkan di bagasi mobil, sehingga perjalanan semakin maksimal.

    Namun, perlu diperhatikan juga cara menata barang di bagasi, supaya perjalanan tetap nyaman. Apa saja yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam hal ini?

    Simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini dan pastikan perjalanan Anda tidak terganggu dengan tumpukan barang di bagasi.

    Tips dan Trik Menyusun Barang di Bagasi Mobil

    Kerapian barang di bagasi dapat sangat berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan. Selain itu, hal ini juga penting dalam aspek keamanan berkendara. Maka dari itu, berikut adalah berbagai tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menata barang di bagasi.

    • Pertimbangkan Daya Muat Kendaraan

    Sebelum memulai perjalanan, terutama jika akan membawa banyak barang, maka penting untuk mengetahui batas muatan kendaraan. Informasi ini bisa dilihat dari buku petunjuk yang didapat ketika membeli mobil.

    Pastikan bahwa berbagai barang yang dibawa tidak melebihi batas muatan tersebut. Jika Anda membawa muatan yang berlebihan, maka dapat berdampak terhadap penggunaan bahan bakar yang menjadi semakin boros.

    Selain itu, dibutuhkan putaran dan kinerja mesin yang lebih besar ketika akan melakukan akselerasi mobil.

    Maka dari itu, usahakan hanya membawa barang yang memang dibutuhkan. Barang lainnya yang kurang dibutuhkan, sebaiknya tidak perlu dibawa demi menjaga muatan mobil tidak berlebihan.

    • Kelompokkan Barang sesuai Jenisnya

    Selanjutnya, masuk ke tips ketika menyusun barang, Anda dapat mengelompokkan barang sesuai dengan jenisnya. Hal ini berguna supaya barang terlihat rapi dan mudah untuk dicari jika nantinya diperlukan.

    Misalnya, kumpulkan pakai di satu atau beberapa tas khusus, lalu kumpulkan berbagai jenis oleh-oleh dalam satu tempat.

    • Atur Berdasarkan Dimensi Ukurannya

    Dimensi ukuran barang perlu menjadi perhatian ketika menata barang. Anda sebaiknya menyusun barang yang memiliki bobot berat dan dimensi besar di bagian bawah. Misalnya, tas koper, tas besar, dan kardus besar yang tidak mudah rusak.

    Pastikan juga barang tetap terjaga dengan baik, misalnya dengan meletakkan barang elektronik di bagian atas.

     

    Freepik.com

    • Pastikan Sisi Kanan dan Kiri Seimbang

    Perhatikan susunan barang, usahakan untuk menyeimbangkan bagian sisi kanan dan kiri, sehingga kemudi mobil pun akan lebih mudah dilakukan. Mobil pun akan menjadi lebih stabil dan aman di perjalanan.

    • Pastikan Kaca Mobil Tidak Tertutup Barang

    Hal penting yang perlu diperhatikan ketika menyusun barang di bagasi mobil yaitu memastikan bahwa kaca bagian belakang tidak tertutup.

    Pastikan bahwa Anda tetap bisa melihat kondisi sekitar melalui spion, jangan sampai sisi belakangnya tidak terlihat karena tertutup barang.

    • Pastikan Barang Saling Mengunci

    Ketika sedang menyusun posisi, sebaiknya Anda meminimalisir adanya ruang kosong. Hal ini bisa menyebabkan barang akan lebih mudah untuk berpindah posisi.

    Maka dari itu, buatlah supaya setiap barang dapat mengunci satu sama lain, supaya dapat meminimalisir adanya kerusakan akibat guncangan.

    • Pakai Pengikat Tambahan atau Jaring

    Setelah semua barang tersusun dengan rapi, maka Anda bisa memanfaatkan pengikat tambahan atau jaring untuk memastikan semua barang tetap berada di posisinya.

    Hal ini dapat meminimalisir terjadinya perpindahan barang ketika mobil mengalami guncangan di perjalanan.

    Dengan begitu, Anda bisa mencegah barang menjadi rusak atau berantakan. Bagasi mobil pun akan lebih terjaga, supaya tidak lecet karena gesekan barang.

    Itulah berbagai tips dan trik yang bisa Anda gunakan jika akan membawa banyak barang di bagasi. Supaya dapat menggunakan tempat dan efisien, penataan barang perlu diperhatikan dengan baik.