Berita

    Ini Alasan Kenapa Penting Untuk Merawat Kap Mobil

    Kap mobil merupakan bagian yang memiliki berbagai fungsi penting, sehingga perlu dijaga dengan baik kondisinya. Jika Anda memiliki keperluan untuk membukanya, maka ada langkah-langkah yang sebaiknya diketahui dan diperhatikan.

    Sebenarnya, apa saja fungsi dan manfaat dari komponen kap pada mobil? Lalu, bagaimana cara untuk membukanya? Simak penjelasan berikut dan pastikan Anda lebih mengenal tentang komponen yang satu ini!

    Fungsi dan Manfaat Kap Mobil

    Kap pada mobil terdiri dari dua lapisan dengan bahan atau material yang berbeda. Lapisan pertama atau bagian atas dibuat dari aluminium yang berbentuk lembaran. Selanjutnya, untuk lapisan kedua atau bagian bawahnya terbuat dari bahan berupa serat kaca.

    Penggunaan bahan tersebut juga dipilih untuk dapat memaksimalkan fungsi dari kap. Berikut adalah berbagai manfaat dan fungsi dari kap pada mobil.

    • Membuat Suhu Stabil

    Fungsi pertama dan utama dari kap pada mobil yaitu untuk menstabilkan suhu dari bagian mesin mobil. Dengan adanya kap, maka suhu di sana dapat terjaga untuk tetap normal.

    Ketika mesin sedang dalam kondisi dingin, maka kap juga dapat berfungsi sebagai penahan supaya ruangan mesin tetap panas. Selanjutnya, juga dapat menjadi peredam ketika  bagian tersebut sudah terlalu panas.

    • Mencegah Radiasi dari Bagian Mesin

    Fungsi kedua dari komponen kap yaitu untuk mencegah radiasi yang terjadi dari bagian ruang mesin. Kinerja dari mesin mobil dapat menyebabkan munculnya suhu panas yang berdampak untuk berbagai komponen lain.

    Dengan adanya kap, maka efek radiasi untuk berbagai komponen lainnya dapat diminimalisir.

    istockphoto
    • Meredam Bunyi dari Mesin Mobil

    Selain bertugas untuk mengatur suhu dan mencegah radiasi, fungsi kap yang selanjutnya yaitu untuk meredam bunyi.

    Ketika mesin mobil sedang melakukan proses pembakaran untuk menjalankan kendaraan, ada berbagai jenis komponen yang bekerja sehingga muncul bunyi yang cukup bising dan bisa mengganggu pengguna mobil serta orang-orang disekitarnya.

    Kap dapat berfungsi sebagai peredam untuk bunyi mesin tersebut, sehingga bunyi yang terdengar tidak terlalu berisik.

    • Melindungi Cat Mobil di Bagian Kap

    Menjaga cat mobil tentu saja menjadi hal penting, baik untuk penampilan body mobil maupun untuk menjaga berbagai komponennya. Cat di bagian kap juga perlu dilindungi, supaya kualitas warnanya tetap terjaga.