Berita

    Featured Image

    Tips Membersihkan Kaca Film Mobil dengan Aman

    Apakah Anda bingung mencari cara membersihkan kaca film mobil dengan aman? Tenang, artikel ini menjadi jawaban yang tepat untuk Anda. Ada kalanya menjaga kilauan kaca mobil memang cukup menantang agar tidak merusak lapisan pelindungnya. 

    Kaca film tidak hanya dipandang sebagai pelindung sinar matahari dan privasi pengendara, tetapi juga salah satu indikator estetika kendaraan. 

    Maka dari itu, Anda perlu menjaga kaca film tetap bersih dan tahan lama. Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips aman membersihkan kaca film secara efektif. 

    Tips Membersihkan Kaca Film Mobil 

    Setidaknya, ada 7 tips yang patut Anda coba agar tampilan kaca film kendaraan tetap mengkilap, bersih, dan jernih. 

    • Pilihlah Produk Pembersih yang Aman

    Langkah pertama, Anda bisa memilih produk pembersih yang aman. Hindari pemakaian produk yang mengandung amonia sebab mampu merusak lapisan pelindung kaca film. 

    Bahan ini juga dipercaya dapat memudarkan warna kaca. Oleh sebab itu, pastikan produk pembersih yang Anda gunakan berbahan lembut dan tidak mengandung amonia. 

    • Gunakan Lap Microfiber

    Tips kedua adalah menggunakan alat pembersih berupa kain microfiber. Kain ini dipilih sebab tidak meninggalkan goresan yang tidak perlu meski digosokkan pada permukaan kaca. 

    Pada dasarnya, membersihkan kaca film mobil tidaklah rumit. Cukup basahi kain lembut ini dengan air hangat dan usap perlahan pada kaca. Lakukan beberapa kali hingga kaca terlihat mengkilap kembali. 

    • Terapkan Teknik Pembersihan dengan Benar

    Sebenarnya, inti dari proses pembersihan komponen mobil termasuk kaca film adalah penggunaan teknik yang tepat. Jangan asal gosok kaca film dengan bahan sembarangan yang justru berpotensi meninggalkan goretan dan baretan. 

    Cara pembersihan yang benar adalah mengelap permukaan kaca secara perlahan dengan gerakan melingkar ataupun horizontal. Hindari menggosok atau mengelap kaca dengan gerakan yang terlalu keras dan kasar. 

    • Manfaatkan Air dan Lemon

    Anda bisa memanfaatkan bahan rumahan seperti lemon dan air untuk membersihkan kaca mobil. Lantas, bagaimana caranya? 

    Caranya cukup sederhana, Anda tinggal mencampurkan perasan lemon dengan air. Lalu, semprotkan campuran ini pada kaca kurang lebih 10 menit agar meresap dengan baik. 

    Terakhir, jangan lupa bilas dengan spons halus untuk membersihkannya. Tentu cukup praktis, bukan?

    • Coba Pakai Alkohol dan Sabun

    Selain lemon, Anda juga bisa menggunakan bahan campuran sabun dengan alkohol. Ingat, gunakan alkohol beberapa tetes saja agar tidak merusak lapisan pelindung kaca film. 

    Pilihlah sabun yang berbahan lembut dan campurkan alkohol 2-3 tetes. Kemudian, gunakan spons lembut untuk mengaplikasikan campuran tersebut pada permukaan kaca. 

    • Hindari Memakai Tisu Basah

    Kadang kala, Anda membutuhkan cara praktis untuk membersihkan debu dan kotoran pada kaca film. Tidak jarang Anda memakai tisu basah karena mudah dan simple.

    Akan tetapi, pemakaian tisu basah jangka panjang bisa menimbulkan efek belang pada kaca mobil. Tisu basah sifatnya lengket yang justru dapat meninggalkan residu. 

    • Lakukan Pembersihan secara Rutin

    Kunci dari kaca film yang mengkilap adalah ketelatenan pemilik kendaraan dalam membersihkannya. Jangan menunggu debu menumpuk dan munculnya baret untuk mengelap kaca film. 

    Jadwalkan perawatan rutin, misalnya dua minggu sekali untuk mencegah menumpuknya kotoran yang dapat mengganggu estetika kaca mobil Anda. 

    Itulah beberapa tips membersihkan kaca film mobil Anda agar tetap terlihat jernih, bersih, dan mengkilap.