Berita

    Perbaikan DIY (Do-It-Yourself) Mobil yang Mudah Dilakukan di Rumah

    Setiap pemilik mobil pasti ingin performa kendaraannya tetap prima. Untuk mewujudkannya Anda harus melakukan pemeliharaan secara rutin. Jika malas pergi ke bengkel, coba lakukan perawatan dan perbaikan mobil di rumah

    Melakukan perbaikan sendiri di rumah sebenarnya tidak sulit jika sudah mempelajari cara-caranya. Dengan melakukannya sendiri secara tidak langsung Anda bisa menghemat biaya pemeliharaan mobil.  

    6 Perbaikan Mobil di Rumah yang Mudah Dilakukan

    Ada banyak perbaikan sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti mengganti ban mobil, mengganti air radiator, dan lainnya. Berikut beberapa perbaikan dan perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

    • Menghilangkan Goresan dan Lecet 

    Goresan dan lecet menjadi salah satu masalah yang sering kali dialami pemilik mobil. Goresan halus dalam jumlah sedikit sebenarnya bisa ditangani dengan perbaikan mobil di rumah

    Untuk mengatasi goresan pada bodi mobil diperlukan cat khusus agar teksturnya kembali mulus. 

    Sementara untuk menghilangkan baret-baret halus di kaca bisa diatasi dengan cuka. Untuk goresan halus di headlamp bisa ditangani dengan pasta gigi. 

    • Mengganti Ban yang Sudah Usang

    Mengganti ban sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat jika tidak mau repot pergi ke bengkel. Ban mobil yang permukaannya sudah halus sangat berbahaya jika terus-menerus digunakan karena bisa membuat mobil mudah tergelincir. 

    Cara servis mobil yang pertama, bisa anda lakukan pengecekan terhadap kondisi ban. Kondisi ban yang sudah botak atau licin bisa berbahaya karena bisa  bisa mengakibatkan kendaraan tergelincir.

    Mengganti ban mobil sendiri sebenarnya tergolong mudah karena hanya membutuhkan ban baru, kunci cadangan, dan dongkrak. Hampir sebagian besar pengendara pria pasti bisa melakukan perbaikan ini secara mandiri. 

    • Mengganti Oli Mobil

    Oli mobil harus diganti secara rutin setiap menempuh jarak 5000 kilometer. Sebenarnya tidak perlu ke bengkel untuk menggantinya karena bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

    Siapkan dongkrak untuk mengangkat bagian bawah mobil supaya lebih mudah saat menguras oli lama. Kuras oli hingga bersih lalu ganti dengan yang baru tapi pastikan oli tersebut sudah sesuai dengan tipe mesin mobil. 

    • Mengecek Air Radiator

    Perbaikan mobil di rumah yang mudah dilakukan yaitu mengecek dan mengisi air radiator. Pastikan air radiator tidak sampai habis karena jika habis dapat membuat mobil mogok karena mengalami overheating. 

    cek air radiatorPexels.com

    Pada umumnya air radiator diisi ulang setiap mobil menempuh jarak 20.000 kilometer. Jenis cairan yang dipakai umumnya jenis coolant.

    • Mengecek dan Mengganti Lampu 

    Lampu menjadi komponen penting dalam sistem penerangan mobil saat berkendara di suasana gelap. Lampu mobil yang mati bisa membahayakan pengendara saat berada di jalan yang minum penerangan. 

    Lakukan pengecekan secara rutin untuk memeriksa fungsi lampu mobil. Jika ada salah satu yang mati segera ganti dengan lampu yang baru. Mengganti lampu mobil tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. 

    • Mengganti Wiper Mobil

    Wiper juga termasuk komponen yang sangat penting karena berkaitan dengan keselamatan saat mengemudi di cuaca hujan deras. Mengganti wiper sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit karena mudah dilakukan sendiri di rumah.

    Itulah tadi beberapa perbaikan mobil di rumah yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum melakukannya pastikan Anda sudah mempelajari tekniknya terlebih dahulu. Karena jika tidak akan menambah kerusakan baru yang sulit diatasi sendiri. 

    Jika tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri di rumah maka lebih baik dibawa ke bengkel resmi Suzuki. Agar mobil tersebut mendapat penanganan yang tepat dari teknisi ahli yang sudah berpengalaman dalam perbaikan komponen mobil.