Berita

    Tips untuk Mengatasi Kebosanan Anak di Mobil

    Berwisata ke luar kota menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama anak dan keluarga. Namun perjalanan jauh kerap membuat anak cepat merasa bosan di mobil. Lalu, bagaimana cara mengatasi kebosanan anak di mobil? Anak bosan saat di perjalanan menjadi tantangan sendiri bagi orang tua karena ketika anak mulai bosan biasanya anak akan rewel bahkan sampai tantrum. 

    Tips dan Trik Mengatasi Kebosanan Anak di Mobil

    Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang bosan saat melakukan perjalanan jauh:

    • Pastikan Anak Duduk dengan Nyaman

    Pertama Anda perlu membuat mobil terasa nyaman terlebih dahulu. Hindari menggunakan pengharum kabin dengan bau yang terlalu menyengat. Atur suhu AC supaya anak tidak merasa kedinginan atau kepanasan.

    kenyamanan anakFreepik.com

    Anak harus duduk dalam kondisi nyaman sehingga Anda perlu mengatur tempat duduk anak dengan tepat. Hindari meletakkan barang di dalam kabin dalam jumlah yang berlebihan atau mengganggu anak bergerak.

    • Ajak Anak Mengobrol

    Berdiam diri dalam waktu lama tentu membuat anak lama kelamaan akan merasa bosan. Hidupkan suasana di mobil dengan mengajak anak mengobrol. Anda bisa ajak anak diskusi atau tebak-tebakan tentang arti rambu lalu lintas. Selain itu, Anda juga bisa menceritakan pengalaman perjalanan Anda dulu atau berdiskusi tentang sejarah kota yang dilewati.

    • Putar Musik dan Film Kesukaan Anak

    Anak-anak biasanya sangat suka bernyanyi oleh karena itu Anda bisa mengalihkan rasa bosan anak dengan memutar musik atau lagu kesukaannya dan ajak anak bernyanyi bersama.

    Selain memutar musik kesukaannya, Anda juga bisa menghibur anak dengan memutar film kesukaan anak.

    • Berikan Camilan Favoritnya

    Selain karena merasa bosan, anak juga bisa mulai rewel karena merasa lapar. Oleh karena itu, sebelum bepergian jangan lupa untuk menyiapkan camilan kesukaan anak Anda. 

    Namun Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan yang perlu dibawa di mobil. Usahakan untuk meletakkan makanan pada wadah atau memilih jenis makanan yang tidak mudah mengotori kabin mobil misal buah-buahan atau pudding

    • Bawa Mainan dan Buku Kesukaan

    Anda juga bisa mengatasi kebosanan anak dengan membawa mainan dan buku kesukaan anak. Biasanya orang tua akan memberikan anak ponsel supaya tidak bosan dan rewel namun cara tersebut bisa membuat anak pusing dan cepat jenuh.

    Ajak anak bermain dengan mainan seperti puzzle, boneka, bola atau biarkan anak membaca buku kesukaannya. Dalam memilih mainan yang dibawa ke dalam mobil usahakan hindari membawa mainan yang bertekstur keras atau tajam.

    • Melakukan Perjalanan pada Waktu Tidur Anak

    Selain menyediakan beragam hiburan, Anda juga bisa menyiasati supaya anak tidak bosan dengan melakukan perjalanan pada jam tidur anak misalnya adalah pada siang atau malam hari. 

    Atau jika anak mulai merasa bosan saat di mobil coba minta anak untuk tidur karena bisa jadi anak merasa bosan karena lelah dan mengantuk. 

    • Tukar Tempat Duduk

    Mengatasi kebosanan anak di mobil dengan cara bertukar tempat duduk sehingga anak melihat pemandangan yang berbeda. Namun jangan taruh anak Anda di kursi samping sopir karena bisa berbahaya jika mobil mengerem secara tiba-tiba.

    • Istirahat Sejenak

    Apabila Anda melakukan perjalanan hingga berjam-jam lamanya maka usahakan untuk berhenti di rest area setiap beberapa jam sekali untuk beristirahat sejenak. Anak bisa bermain sebentar di luar sehingga rasa bosan saat di mobil hilang.