Berita

    Berisik pada Rem Mobil? Berikut Cara Mengatasinya

    Bunyi pada rem mobil bisa jadi merupakan sebuah indikasi adanya kerusakan yang cukup parah. Sebaiknya Anda segera mencari tahu apa penyebab dari bunyi tersebut dan mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi. 

    Seperti kita tahu bahwa rem merupakan komponen penting dalam sebuah mobil. Kinerja rem akan sangat berpengaruh pada kenyamanan serta keamanan Anda selama berkendara jadi benar-benar harus diperhatikan dengan baik. 

    Penyebab Bunyi pada Rem Mobil

    Mari cari tahu dulu apa saja sebenarnya penyebab bunyi yang muncul pada rem mobil Anda. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan rem mobil mengeluarkan bunyi ketika diinjak:

    • Tipisnya Kampas Rem

    Kampas rem yang digunakan terus-menerus tentu akan mengalami penurunan kualitas dan menjadi lebih tipis. Komponen ini memiliki peran penting sebagai bantalan rem dan jika kondisinya semakin tipis maka bisa jadi akan muncul bunyi. 

    Bunyi yang muncul saat kampas rem menipis adalah bunyi berdecit saat pedal rem diinjak. Selain muncul bunyi, biasanya kondisi ini juga disertai penurunan performa rem. 

    • Tumpukan Kotoran pada Cakram

    Bunyi pada rem mobil juga bisa muncul akibat adanya banyak tumpukan kotoran pada bagian cakram. Kotoran ini bisa berupa debu maupun tanah yang mencapai cakram rem dan tidak dibersihkan. 

    Saat ada tumpukan kotoran maka cakram dan kampas rem akan terhalang. Hasilnya rem tidak bisa bekerja optimal dan akan muncul suara berdecit ketika diinjak. 

    • Kurangnya Pelumas Rem

    Rem mobil Anda membutuhkan pelumas agar bisa beroperasi dengan lancar. Saat pelumas rem kurang, maka rem tidak akan bekerja optimal dan muncul suara berdecit yang sangat mengganggu. 

    Pixabay
    • Gangguan pada Rem Tromol

    Khusus untuk jenis mobil yang memakai rem tromol, bunyi yang muncul saat rem digunakan bisa jadi karena terdapat gangguan. Umumnya gangguan pada rem tromol ini disebabkan oleh tumpukan kotoran seperti debu dan minyak rem. 

    • Gangguan Sistem Transmisi

    Khusus pada mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis, bisa jadi munculnya bunyi pada rem disebabkan oleh gangguan di bagian tersebut. Gangguan transmisi ini bisa jadi sangat berbahaya dan mengganggu keamanan pengemudi.