Berita

    Kelebihan dan Kekurangan Ban Mobil Lebar

    Jangan hanya karena ingin mobilnya terlihat keren Anda langsung memodifikasi ban dengan ukuran yang lebih besar. Sebaiknya pertimbangkan apa saja kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar terlebih dahulu. 

    Pasalnya, belum tentu ban tersebut akan cocok jika dipasang pada mobil yang Anda miliki. Sebenarnya, apa saja kelebihan dan kekurangan dari ban mobil yang berukuran besar tersebut? Berikut informasinya. 

    Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Ban Mobil Lebar sebelum Modifikasi

    Buat yang hobi modifikasi sebaiknya jangan langsung mengganti ban dengan yang ukurannya lebih besar. Bukan bertambah keren, bisa saja hasil modifikasi ban tersebut justru membuat performa mobil menjadi semakin berkurang. 

    Dilansir dari berbagai sumber, berikut kelebihan dan kekurangan memasang ban dengan ukuran yang lebih besar pada mobil Anda. 

    Kelebihan

    Ada tiga keunggulan jika memasang ban mobil yang ukurannya lebih besar, yaitu: 

    1. Lebih Gaya

    Pertama, bisa tampil lebih gaya dan juga lebih estetik. Selain mengubah warna ban, penghobi modifikasi cenderung mengubah ukuran ban menjadi lebih besar. Efek yang terlihat pada mobil adalah tampilannya yang lebih bergaya dan maskulin. 

    Selain itu, bagian kaki-kaki mobil juga tampak lebih berisi dan sporty. Kesan ini terlihat khususnya pada kendaraan jenis LCGC (low cost green car) dan juga tipe city car yang bentuk ban pabrikannya terlihat mungil.  

    1. Tampil Lebih Gagah 

    Kedua, mobil yang bagian ban diubah menjadi berukuran besar akan terlihat lebih kokoh dan kuat. Itu sebabnya, banyak pemilik mobil yang tergiur untuk modifikasi ban dengan ukuran yang lebih besar agar bodi mobil tampak lebih gagah. 

    1. Lebih Stabil

    Ketiga, Dengan mengganti ukuran ban menjadi lebih besar akan membuat mobil lebih stabil. Sebab, ban dengan volume berlebih akan membuat mobil tetap aman meski digunakan pada jalanan yang tidak rata. 

    Bagian penampang ban yang ukurannya lebih lebar saat menyentuh tanah juga memengaruhi bagian handling sehingga kendaraan tetap stabil dan nyaman. 

    Selain itu, dengan ban yang besar akan mengurangi potensi risiko terjadinya slip saat proses pengereman.

    Kekurangan 

    Informasi seputar kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar bisa Anda jadikan acuan atau pertimbangan baik/buruknya melakukan modifikasi ban. 

    ban lebar

    Setelah mengetahui berbagai kelebihannya, saatnya untuk memahami apa saja kekurangan dari modifikasi ban tersebut, antara lain:

    1. Harga Lebih Mahal

    Pertama, ban modifikasi cenderung dipatok dengan harga yang lebih mahal dari harga ban standar. Sebab, ukurannya yang besar tentunya membutuhkan material yang lebih banyak sehingga berpengaruh pada harga jualnya. 

    1. Setir Lebih Berat

    Kedua, Setir mobil terasa lebih berat karena ukuran ban yang lebih besar dari ukuran standar. Akibatnya, gesekan ban depan ketika akan berbelok semakin luas. 

    Pada kondisi ini power steering hanya membantu sesuai ukuran standar. Untuk selebihnya, Anda harus mengerahkan tenaga ekstra setiap kali mobil akan bermanuver.  

    1. Bahan Bakar Lebih Boros

    Ketiga, ban mobil modifikasi yang lebarnya melebihi ukuran standar juga akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Sebab, gesekan permukaan ban modif tersebut dengan tanah membuat mesin bekerja ekstra keras agar mobil bisa bergerak. 

    1. Power Mobil Berkurang

    Keempat, beban berat yang dipikul oleh mobil dampak dari kehadiran ban berukuran besar membuat tenaga (power) mobil menjadi berkurang. 

    1. Muncul Suara Berisik

    Terakhir, munculnya suara bising yang berasal dari ban modifikasi berukuran besar. Penyebab munculnya suara bising tersebut adalah karena gesekan yang ditimbulkan dari pertemuan antara ban modif dengan aspal lebih banyak dari ban ukuran standar.  

    Intinya, jangan asal modif tapi pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar. Jika masih tertarik, sebaiknya konsultasikan dengan pihak yang berpengalaman dalam hal modifikasi ban.