Berita

    Ketahui Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil yang Rusak

    Memerhatikan komponen mobil adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Sebut saja salah satunya komponen fuel pump mobil yang juga wajib mendapatkan perhatian rutin. Anda perlu tahu bahwa fungsi komponen ini adalah sebagai pompa bahan bakar dari tangki ke mesin mobil.

    Jika terjadi kerusakan pada komponen satu ini, tentu mobil Anda akan mengalami kemogokan. Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, Anda wajib mengetahui ciri-ciri fuel pump yang mengalami kerusakan. Tujuannya agar Anda dapat melakukan pencegahan di kemudian hari. Simak penjelasannya berikut ini!

    6 Ciri Fuel Pump Mobil Rusak

    Ciri paling utama yang dapat Anda ketahui jika fuel pump bermasalah, tentu mobil Anda mogok atau tidak dapat berjalan. Namun, jika mobil Anda sudah mogok, berarti Anda terlambat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada fuel pump.

    Ada ciri lain yang wajib Anda ketahui jika fuel pump sudah mengalami kerusakan. Tujuannya agar Anda dapat segera mencegah terjadinya kerusakan atau kemogokan pada mobil Anda. Berikut ini 6 ciri-ciri fuel pump kendaraan mobil Anda rusak, yaitu:

            1. Lampu Indikator Berkedip Terus

    Ciri pertama yang dapat Anda lihat dan perhatikan jika fuel pump kendaraan Anda rusak adalah lampu indikator injeksi yang berkedip-kedip. Lampu injeksi berada pada bagian injeksi mobil yang terhubung langsung pada fuel pump.

    Jika lampu indikator menyala terus, maka ada indikasi bahwa fuel pump rusak. Hal ini karena ada bagian yang rusak pada komponen bahan bakar mobil, yaitu pompanya. Anda wajib waspada apabila menemukan ciri-ciri ini.

            2. Muncul Suara Dengung

    Anda juga dapat waspada fuel pump rusak dengan ciri-ciri munculnya suara dengung dari mobil Anda. Jika fuel pump melemah, maka tangki mobil Anda akan mengeluarkan suara dengungan. Untuk mengeceknya, Anda hanya perlu menyalakan mesin pada posisi ON dan dengarkan dengungannya.

            3. Indikator Cek Mesin Nyala

    Check engine yang ada di dashboard mobil Anda juga dapat digunakan sebagai alat yang menentukan fuel pump pada mobil Anda rusak atau tidak. Jika check engine menyala, maka ada salah satu komponen mobil Anda yang bermasalah. Salah satunya adalah komponen fuel pump.

            4. Tenaga Mobil Berkurang

    Ciri fuel pump mobil yang keempat adalah tenaga mobil Anda yang berkurang. Jika pompa bensin ada dalam keadaan rusak atau turun performanya, maka Anda dapat merasakan dari tarikan kendaraan yang Anda bawa. Tenaga mobil yang berkurang akibat dari mesin mobil yang tidak maksimal performanya.