Berita

    Mengenal Fungsi Relay Starter

    Fungsi relay starter pada mobil adalah untuk mengaktifkan atau menghidupkan mesin mobil. Apakah Anda sudah cukup familiar dengan istilah relay starter? Atau baru pertama kali mendengarnya? Jadi, relay starter ini bertugas untuk mengendalikan komponen-komponen seperti motor starter dan aki mobil.

    Relay starter ini disebut juga dengan dinamo bagi mesinnya mobil. Sebagai dinamo untuk mobil, tentu saja memiliki fungsi untuk menyalurkan daya listrik sehingga mesin dapat dinyalakan. Di sini akan dibahas mengenai fungsinya lebih lanjut!

    Apa Saja Fungsi Relay Starter?

    Penting bagi Anda untuk memahami fungsi dari setiap komponen yang ada pada kendaraan Anda. Saat ini, Anda akan mempelajari apa saja fungsi dari relay starter. Sebagai catatan, daya listrik yang dikeluarkan oleh relay starter lebih kuat daripada hanya memakai aki saja.  

    • Mengalirkan Arus Listrik

    Relay starter mobil memiliki tugas untuk mengalirkan, mengendalikan, serta memfilter daya listrik Kemudian juga melakukan kontrol terhadap listrik pada komponen aki, sehingga listrik yang dialirkan dapat lebih stabil.

    • Lampu Mobil Jadi Lebih Terang

    Karena memiliki kontrol dan kendali akan listrik pada mobil, maka termasuk penyalur aliran listrik juga untuk lampunya. Salah satu fungsi relay starter mobil adalah dapat membuat cahaya lampu pada mobil Anda jadi semakin terang. Terutama untuk lampu yang ada pada bagian depan mobil.

    • Pelindung Saklar 

    Fungsi berikutnya dari relay starter pada mobil adalah dapat melindungi saklar atau switch agar tidak terpapar panas yang ditimbulkan oleh mesin mobil. 

    Apalagi ketika mobil sedang dalam keadaan melaju atau dikendarai, mesin bisa menjadi panas dan dapat melelehkan saklar. Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa relay starter mobil juga dapat meningkatkan keawetan mobil Anda.

    Ciri Kerusakan Pada Relay Starter

    Setelah mempelajari fungsi nilai starter mobil, penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda bahwa komponen tersebut mengalami kerusakan.

    • Mesin Sulit Dihidupkan

    Hal ini akan terjadi ketika mesin menjadi terlalu panas. Kondisi mesin mobil yang terlalu panas dapat menghambat arus listrik untuk dapat mengalir. Sehingga akan sulit bagi mesin mobil untuk dinyalakan.

    • Bunyi dari Mesin

    Ciri kerusakan berikutnya adalah mesin mobil Anda yang mengeluarkan bunyi tidak wajar seperti bising. Bila bunyi tersebut semakin parah, sebaiknya Anda tidak menyepelekan hal itu dan segera membawanya ke bengkel terdekat untuk ditindaklanjuti.

    • Lampu Mobil Mati