Berita

    Power Steering, Peran Penting dalam Berkendara

    Saat ini mengemudi dalam waktu lama tidak terlalu melelahkan karena adanya power steering. Merupakan sistem yang disematkan di bagian kemudi sehingga memudahkan pengemudi dalam melakukan manuver saat berada di tikungan. 

    Sebab, gaya berkendara Anda bisa disesuaikan dengan sistem kemudi ini. Walau istilah ini sering terdengar, namun belum banyak yang memahami apa saja fungsi dan cara kerja dari sistem kemudi modern ini. Berikut informasinya. 

    Memahami Fungsi dan Cara Kerja Power Steering

    Sebelum membahas tentang fungsi, berikut ini gambaran tentang sistem kemudi pada mobil lama dan keluaran terbaru. 

    Kehadiran sistem kemudi yang modern sangat menguntungkan bagi pengendara. Bagaimana tidak, kini pengemudi tidak perlu lagi bersusah payah memutar kemudi saat akan bermanuver, walau dengan kecepatan rendah sekalipun. 

    Sedangkan pada mobil keluaran lama dibutuhkan tenaga yang cukup banyak untuk bisa berbelok atau memutar. Selain itu, Anda juga harus kembali memutar kemudi agar posisinya kembali lurus seperti semula. 

    Berdasarkan informasi tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa fungsi dari sistem kemudi pada mobil keluaran terbaru adalah sebagai berikut. 

    • Sistem kemudi modern berfungsi untuk meringankan kerja pengemudi. Dengan demikian, tidak ada lagi keluhan otot yang tegang atau merasa cepat lelah ketika mengemudi. 

    Sebab, metode yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa lebih berat atau dibuat menjadi lebih ringan. 

    • Fungsi kedua dari sistem kemudi modern adalah mampu mengurangi guncangan yang terjadi saat melaju di jalanan yang permukaannya tidak rata. 
    • Fungsinya yang ketiga adalah posisi setir bisa lurus kembali secara otomatis meskipun bagian kemudi telah diputar secara penuh. 

    Sedangkan berdasarkan komponennya, fungsi dari sistem kemudi modern ini terdiri dari: 

    • Reservoir

    Fungsinya untuk menjaga serta menampung pelumas pada sistem kemudi tersebut. 

    • Pompa

    Berfungsi untuk menghasilkan tekanan fluida untuk seluruh rangkaian sistem. 

    • Control Valve

    Merupakan katup pengatur yang berfungsi mengatur sirkulasi aliran sesuai arah kemudi, apakah ke oli atau ke tekanan fluida.  

    • Silinder Tenaga