Berita

    Simak Caranya Mengembalikan Karet Wiper yang Mengeras

    Karet wiper yang tidak dirawat dengan baik bisa cepat kendor dan mengeras. Penyebabnya bisa karena faktor usia pemakaian, cuaca, atau bahkan karena kelalaian dari pemiliknya sendiri. 

    Selain terasa keras atau kendor saat ditekan, karet pada wiper atau wiper blade yang telah rusak ditandai dengan kondisi warna karetnya yang terlihat usang dan sedikit mengkilap. 

    Dalam kondisi darurat, ada dua cara yang bisa dilakukan guna mengembalikan karet pada wiper agar kembali lentur. Berikut informasinya. 

    Begini Cara Mengembalikan Elastisitas Karet Wiper yang Mulai Mengeras

    Wiper blade jika dibiarkan mengeras bisa menimbulkan bunyi berdecit yang cukup mengganggu dan bahkan bisa berisiko menggores kaca depan mobil. 

    Itu sebabnya, sangat disarankan untuk segera menggantinya jika usia pemakaian telah lebih dari 3 tahun atau jika telah terlihat tidak elastis dan getas. 

    Namun jika kondisi mendesak, Anda bisa menggunakan cara sederhana untuk mengembalikan kelenturan karet pada wiper mobil yaitu dengan menggunakan minyak atau cuka. 

    Ingat, cara ini tidak bersifat permanen karena bagaimanapun juga karet akan kembali mengeras. Adapun cara mengembalikan elastisitas karet wiper adalah sebagai berikut:

            1. Gunakan Minyak

    Cara pertama untuk menjaga agar wiper blade tetap lentur adalah dengan mengoleskan minyak di bagian karetnya, bisa menggunakan minyak bayi atau minyak zaitun. 

    Selain menjaga kelenturan, cara ini juga efektif untuk mengembalikan elastisitas karet pada wiper. Sebagai informasi, salah satu bahan material karet untuk wiper adalah minyak. 

    Itu sebabnya, cara yang pertama ini dipercaya mampu mengembalikan elastisitas dari karet wiper. Walau mengoleskan minyak ke wiper blade terbilang cukup ampuh, namun cara ini hanya bersifat sementara. 

    Sebab, hingga saat ini masih belum ditemukan formula yang mampu mengembalikan elastisitas karet yang telah kaku dan getas ke bentuk semula. 

    Sebelum mengaplikasikan cara ini sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kotoran yang menempel di kaca mobil dan di bagian wiper blade

    Anda bisa membersihkannya dengan mengelap bagian yang kotor menggunakan air hangat secara perlahan kemudian keringkan dengan lap atau kain bersih yang permukaannya lembut.  

            2. Gunakan Air Cuka 

    Karet wiper mengeras bisa dikarenakan jamur dan kerak yang menempel. Untuk membersihkan sekaligus mengembalikan kelenturannya, Anda bisa memanfaatkan salah satu bahan yang ada di dapur yaitu cuka putih.