Berita

    Tanda-Tanda Pintu Mobil Anda Harus Segera Diservis

    Pintu mobil merupakan bagian penting dari kendaraan Anda yang juga perlu dirawat dengan baik. Ini merupakan komponen yang akan memberi akses utama untuk keluar maupun masuk mobil. 

    Seiring berjalannya waktu, pintu ini bisa mengalami kerusakan dan perlu diservis secepat mungkin. Anda sebaiknya tahu apa saja tanda-tanda yang menunjukkan bahwa pintu pada mobil harus segera diservis atau diperbaiki. 

    Tanda Pintu Mobil Harus Diservis

    Jika pintu pada mobil Anda rusak atau mengalami gangguan tertentu, tentu saja harus ada tindakan yang diambil. Kerusakan bisa bertambah parah jika tidak segera diperbaiki dan dibiarkan begitu saja. 

    Kerusakan pada bagian pintu ini bisa mengancam keamanan Anda dan penumpang saat berkendara. Jadi langsung saja lakukan servis jika memang ada tanda-tanda kerusakan berikut ini:

    • Masalah di Bagian Karet Pintu

    Ciri pertama adalah adanya kerusakan di bagian karet pintu. Setiap sisi pintu dilapisi karet untuk mencegah masuknya air dari luar ke dalam kabin. Karet ini juga berfungsi melindungi mobil agar tidak mudah kemasukan debu. 

    Tidak hanya itu, karet pintu juga berperan penting dalam meredam getaran saat mobil berjalan. Jika karet ini bermasalah atau rusak, maka bisa saja muncul suara aneh dan getaran yang mengganggu pengguna mobil. 

    Kerusakan pada karet pintu juga tentu saja bisa menyebabkan masuknya air ke kabin saat Anda berkendara di musim hujan. Hal ini sudah pasti membuat Anda tidak nyaman sehingga pintu mobil harus segera diservis. 

    • Kerusakan Central Lock

    Tanda berikutnya yang harus dikenali adalah adanya kerusakan pada central lock. Central lock ini merupakan sistem yang berfungsi mengunci semua pintu kendaraan melalui satu titik saja yaitu di bagian pintu milik pengemudi. 

    Kerusakan pada central lock sudah pasti akan membuat semua bagian pintu jadi bermasalah. Pintu jadi tidak bisa terkunci atau mungkin terbuka melalui satu titik tersebut. 

    Biasanya kerusakan pada central lock ini disebabkan oleh adanya masalah pada motor penggerak. Bisa juga terjadi karena ada salah satu komponen central lock yang sudah aus atau rusak. 

     

    mobil diservis

    Freepik.com

    • Sulit Dibuka

    Segera bawa mobil Anda untuk diservis bagian pintunya apabila Anda kesulitan membuka pintu tersebut. Pintu kendaraan seharusnya mudah untuk dibuka baik dari bagian luar atau dalam. 

    Biasanya masalah seperti ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada motor penggerak yang membuat pintu sulit dibuka. Selain itu bisa saja hal ini terjadi karena banyak kotoran yang menumpuk di handle pintu sehingga jadi seret.

    • Tidak Bisa Dikunci

    Selain tidak bisa dibuka, tanda kerusakan lain yang perlu Anda waspadai adalah pintu tidak bisa dikunci. Tentu hal ini sangat membahayakan pengemudi maupun penumpang apalagi anak-anak. 

    Salah satu penyebab pintu jadi sulit untuk dikunci adalah karena sekring atau fuse putus. Bisa juga terjadi karena kawat seling putus sehingga tidak bisa mengunci pintu sebagaimana mestinya. 

    • Kerusakan pada Bagian Handle

    Anda juga perlu segera memperbaiki pintu kendaraan jika bagian handle-nya rusak. Ini merupakan komponen penting yang akan mempermudah Anda masuk dan keluar mobil. 

    Kerusakan pada bagian handle ini bisa saja terjadi karena benturan atau mungkin karena memang sudah aus akibat pemakaian. Apapun penyebabnya, langsung saja lakukan perbaikan dan ganti handle dengan yang baru.