Berita

    Tenang! Ini Cara Mengatasi Kopling Nyangkut

    Kondisi kopling nyangkut secara tiba-tiba bisa membuat perjalanan Anda terganggu. Gejala yang umum terjadi adalah pedal kopling yang terasa berat saat diinjak, sulit memasukkan, atau bahkan mengubah posisi gigi transmisi. 

    Parahnya lagi, kopling tidak mau kembali ke posisi awal setelah diinjak. Untuk mengatasi kopling yang nyangkut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebelum membawanya ke bengkel terdekat. Apa saja? Berikut informasinya!

    Cara Darurat Mengatasi Kopling Nyangkut saat Berkendara

    Pada umumnya, kerusakan pada kopling bisa terjadi karena berbagai sebab, mulai dari faktor usia pemakaian, akibat kerusakan di salah satu komponen, atau karena gaya mengemudi yang cenderung kasar. 

    Kolping yang bermasalah membuat mobil menjadi sulit untuk dioperasikan. Sebagai upaya darurat, ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan ketika mengalami kopling mobil yang nyangkut tersebut, yaitu: 

    • Hidupkan Mesin Mobil dan Tekan Pedal Kopling dengan Kuat

    Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghidupkan mesin sambil menekan pedal kopling sekuatnya selama beberapa detik. 

    Setelah itu, lepaskan pijakan pada pedal secara perlahan. Pastikan bahwa pedal kopling telah kembali ke posisi semula. 

    • Hidupkan Mesin Mobil dan Injak-lepas Kopling

    Cara kedua untuk mengatasi kopling yang nyangkut adalah menghidupkan mesin sambil menekan kuat pedal kopling hingga mencapai angka 2000-3000 RPM. 

    Setelah itu, lakukan gerakan injak-lepas-injak-lepas pedal kopling berulang kali sambil sesekali mencoba memasukkan gigi transmisi. 

    • Masukkan Gigi Transmisi 1 dan Injak Kopling

    Cara yang ketiga adalah dengan memasukkan gigi transmisi 1 lalu menginjak pedal kopling. Lakukan kedua hal tersebut sebelum mesin dinyalakan. Nantinya, saat mesin dinyalakan, mobil akan terasa seperti melompat. 

    masukan gigi 1Freepik.com

    Segera injak pedal rem sambil mematikan mesin. Setelah mesin kondisi mati, kembalikan gigi transmisi ke posisi netral lalu hidupkan kembali mesin mobil. Perhatikan apakah kendaraan Anda sudah bisa melakukan perpindahan gigi. 

    Cobalah cara ketiga ini untuk mengatasi masalah kopling nyangkut apabila dua cara sebelumnya tidak berhasil meskipun telah dilakukan beberapa kali. 

    Namun ingat, pastikan di bagian depan mobil tidak ada penghalang dalam bentuk apapun. Sebab, akan berbahaya jika ada barang atau orang yang melintas pada saat mencoba cara ketiga ini.  

    • Parkir di Area Aman

    Apabila Anda telah mencoba ketiga cara tersebut namun tidak membuahkan hasil, sebaiknya segera parkirkan kendaraan di tempat yang aman. Cobalah untuk rileks dan tenangkan diri sejenak. 

    Jangan memaksa untuk meneruskan perjalanan dalam kondisi kopling yang sedang rusak. Sebab, mobil yang sedang bermasalah jika dipaksakan untuk berjalan akan membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya.  

    • Cek Minyak Kopling

    Langkah darurat berikutnya untuk mengatasi kondisi kopling yang nyangkut adalah dengan melakukan pengecekan terhadap minyak kopling. Pastikan posisi minyak kopling berada pada batas level yang telah ditentukan. 

    Sebab, jika minyak kopling berada di bawah batas level atau terlalu rendah, ini bisa membuat pedal kopling menjadi macet dan tidak bisa kembali ke posisi semula. 

    Apabila setelah dicek ternyata minyak kopling berada di bawah batas level, disarankan untuk tidak melakukan pengisian (penambahan) minyak kopling secara mandiri. 

    • Hindari Menggunakan Setengah Kopling dan Menginjaknya dengan Kasar

    Ada dua kebiasaan buruk yang harus dihindari saat menggunakan kopling, yaitu hanya menggunakan setengah kopling saja atau menginjaknya dengan cara yang kasar. 

    Kedua kebiasaan jelek tersebut akan berdampak pada kopling yang cepat aus serta memperparah kondisi pedal kopling sehingga tidak bisa dikembalikan ke posisi semula. 

    Sebaiknya, pergunakan pedal kopling secara wajar. Anda boleh menggunakan teknik setengah kopling namun hanya pada saat tertentu saja. 

    Itulah berbagai cara yang bisa diterapkan saat kopling nyangkut secara tiba-tiba. Apabila Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya segera ke bengkel resmi terdekat agar bisa mendapatkan penanganan secepatnya.