Berita

    Cara Mengatasi Rem Tangan Nyangkut dengan Benar

    Untuk mengatasi masalah ini, tentu Anda perlu mengetahui berbagai faktor yang bisa menyebabkan rem tangan menjadi nyangkut. Dengan memahami penyebabnya, ini akan memudahkan Anda untuk melakukan perbaikan secara tepat. Apa saja penyebab itu?

    • Korosi

    Penyebab pertama yang cukup umum adalah terjadinya korosi pada bagian kabel atau mekanisme sistem pengereman di mobil. Korosi merupakan salah satu keadaan yang membuat permukaan pada komponen rem rusak. 

    Hal ini yang membuat pergerakan rem tangan menjadi kaku dan sulit dikendalikan. Masalah ini bisa menjadi salah satu mengapa rem tangan bisa nyangkut.

    • Kerusakan Komponen Mobil

    Penyebab lainnya bisa terjadi karena kerusakan pada bagian komponen mobil itu lagi. Kerusakan ini bisa terlihat terutama pada bagian kabel dan mekanisme pada mesin mobil Anda.

    Hal ini yang membuat komponen rem tangan menjadi aus dan tidak bekerja dengan baik, Bagian komponen mobil yang rusak juga akan menyebabkan rem tangan sulit dilepaskan dengan baik.

    • Frekuensi Penggunaan

    Frekuensi penggunaan juga akan mempengaruhi kinerja rem tangan itu sendiri. Apabila rem tangan nyangkut itu bisa saja terjadi karena rem yang jarang digunakan dalam waktu lama.

    Hal ini membuat sistem pengereman menjadi lebih kaku dan macet saat digunakan. Maka dari itu penting untuk memperhatikan frekuensi penggunaan rem mobil.

    • Ketidakseimbangan pada Sistem Pengereman

    Sistem pengereman bisa saja tidak seimbang karena kampas rem aus. Masalah ini juga bisa muncul akibat dari kondisi silinder rem yang macet. 

    Ketidakseimbangan ini lah yang menyebabkan rem tangan terasa macet dan susah dikendalikan. Sebab sistem pengereman yang baik harus memiliki kondisi keseimbangan yang baik pula.

    • Tercemar Kotoran

    Penyebab selanjutnya yang membuat rem tangan tersangkut bisa juga karena tercemar kotoran dan air. Hal ini membuat kapas rem seakan-akan tergabung dengan piringan rem dan tersangkut.

    Masalah ini juga sering didapati karena kurangnya pengecekan dan abai terhadap kebersihan komponen mobil. Akibatnya, sistem pengereman menjadi kotor dan menjadi bermasalah.

    Cara Mengatasi Rem Tangan Nyangkut

    Solusi untuk kondisi rem tangan yang tersangkut sebenarnya tidak terlalu sulit dan mudah Anda terapkan untuk perawatan lebih optimal. Agar cara mengatasi rem tangan tersangkut ini lebih efektif, Anda bisa menerapkan tips dan langkah-langkah seperti ini.

    • Melepaskan secara Perlahan

    Rem tangan bisa tersangkut karena adanya tekanan secara mendadak yang membuat sistem pengereman menjadi kaku. Untuk mengatasi hal ini langkah pertama yang bisa Anda lakukan cobalah untuk melepaskan rem tangan secara perlahan.

    Lakukan secara berulang-ulang sambil menggoyangkan kendaraan Anda. Jika sistem pengereman sudah tidak kaku, tetap gunakan tangan rem dengan pelan-pelan. 

    • Periksa Kabel Rem

    Selanjutnya, cek kabel rem tangan apakah ada kerusakan atau korosi pada bagian komponen tersebut. Kabel rem yang terkena korosi bisa dirasakan dengan rem tangan yang sulit dikendalikan.

    Jika memang benar terjadi korosi, gunakan cairan pembersih di sekitar bagian yang terkena korosi. Bersihkan secara menyeluruh hingga kabel bisa bergerak kembali dengan lancar.

    • Gunakan Rem Tangan secara Rutin

    Frekuensi penggunaan rem tangan juga akan mempengaruhi kelancaran pada sistem pengereman. Maka dari itu, lebih baik menggunakannya secara rutin untuk menjaga fleksibilitas kabel dan mekanisme rem.

    rem tanganFreepik.com

    Meski penggunaan rem ini harus dilakukan secara rutin, namun pastikan Anda tidak kasar menggunakannya. Tetap gunakan rem tangan secara perlahan dengan frekuensi yang lebih banyak.

    • Cek Kondisi Sistem Pengereman

    Tidak lupa untuk selalu mengecek kondisi seluruh sistem pengereman lainnya pada mobil Anda. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa mendeteksi adanya masalah pada bagian rem tangan. 

    Anda akan mengetahui apakah sistem pengereman masih berfungsi dengan baik atau tidak. Tidak hanya ketika rem tangan terasa kaku saja, pengecekan ini juga bisa dilakukan secara rutin sebelum mobil digunakan.

    • Gunakan Pelumas Khusus

    Jika berbagai cara sudah dilakukan, namun rem tangan masih terasa macet, Anda bisa memberikan pelumas khusus pada kabel rem. Penggunaan cairan pelumas ini juga bisa diaplikasikan ke seluruh bagian sistem pengereman mobil Anda.

    Cara ini dapat membantu mengurangi gesekan yang keras pada mesin dan komponen rem tangan Anda. Sehingga gerakan rem tangan mobil akan terasa lebih mudah dikendalikan saat digunakan.

    • Hindari Overloading

    Seperti yang diketahui, setiap mobil memiliki kapasitas beban tampungan yang berbeda-beda. Maka dari itu hindari membawa jumlah barang yang melebihi dari kapasitas tersebut.

    Membawa beban kendaraan berlebihan, ini membuat kendaraan Anda menjadi overloading sehingga tekanan pada sistem pengereman meningkat. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja rem tangan dan membuat pengereman mobil sulit dikendalikan.

    • Cek ke Bengkel

    Jika sudah melakukan pemeriksaan secara mandiri, jangan lupa untuk mengecek secara rutin ke bengkel terpercaya. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi komponen pengereman Anda bekerja dengan optimal atau tidak.

    Apabila terdapat masalah, Anda pun akan mendapatkan penanganan lebih cepat dengan tenaga ahli profesional. Cara ini juga bisa membuat perawatan rem tangan mobil lebih optimal.

    • Hindari Penggunaan secara Kasar

    Penggunaan rem tangan secara mendadak dan kasar akan menyebabkan kerusakan pada bagian kabel dan mekanisme rem. Maka itu, perilaku ini harus Anda hindari karena bisa meningkatkan risiko rem tangan nyangkut

    Cara ini merupakan bagian dari bentuk pencegahan agar menjaga kondisi kabel dan mekanisme rem tetap prima. Langkah ini perlu Anda terapkan tidak hanya ketika rem tangan tersangkut saja.

    • Ketahui Jenis Rem Tangan

    Penting untuk Anda ketahui seperti apa jenis rem tangan pada mobil Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam menangani sistem pengereman jika terjadi masalah.

    Setiap tipe mobil memiliki jenis rem tangan yang berbeda, begitu juga komponen dan sistem pengereman di dalamnya. Dengan mengetahui jenis rem tangan mobil Anda, proses penanganannya juga akan lebih mudah dengan mengandalkan bengkel terpercaya.

    Demikian penjelasan terkait cara mengatasi rem tangan nyangkut di sertai tips-tips yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi terjadinya masalah ini. Mencegah lebih baik daripada mengobati, sama halnya untuk selalu merawat mobil Anda agar tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan di bagian komponen mesin maupun sistem pengeremannya.