Berita

    Ketahui Rangkaian Klakson Mobil dan Cara Kerjanya

    Rangkaian klakson mobil merupakan sebuah rangkaian dari komponen yang berfungsi sebagai alat berkomunikasi di jalan raya dengan para pengemudi lain.

    Berfungsi sebagai penanda atau pemberi sinyal dalam bentuk suara, tahukah Anda bagaimana susunan rangkaian sebuah klakson mobil beserta cara kerjanya?

    Untuk Anda yang penasaran, artikel ini akan mencoba untuk mengulas mengenai cara kerja hingga susunan rangkaian sebuah klakson mobil.

    Simak penjelasan lebih lanjutnya pada poin-poin pembahasan berikut.

    Rangkaian Klakson Mobil

    Agar bisa berfungsi dengan maksimal dan mengeluarkan bunyi yang lantang, sebuah klakson memiliki rangkaiannya tersendiri.

    Apa saja yang termasuk ke dalam rangkaian komponen klakson mobil? Komponen penyusun rangkaian dari sebuah klakson antara lain yaitu sebagai berikut.

    • Aki

    Komponen pertama yang mengisi rangkaian dari sebuah klakson, ialah aki atau baterai. Memiliki fungsi yang penting, aku berguna sebagai komponen sumber arus listrik.

    • Relay Klakson

    Komponen berikutnya yang juga menjadi bagian dari rangkaian sebuah klakson mobil, yaitu relay klakson.

    Tidak harus selalu ada, komponen saklar elektronik ini memiliki fungsi untuk mengatur kondisi arus listrik mengikuti arahan dari saklar, baik dalam keadaan on maupun off,

    • Sekering

    Komponen yang juga kerap menjadi bagian dari rangkaian klakson mobil antara lain yaitu sekering.

    Sekering ini memiliki fungsi sebagai pengaman dari rangkaian klakson saat terjadinya korsleting seperti misalnya terdapatnya arus berlebih pada sebuah rangkaian klakson tersebut.

    • Saklar 

    Selanjutnya ada pula komponen saklar. Sama dengan fungsi saklar pada umumnya, dalam rangkaian ini saklar klakson juga berfungsi baik menghubungkan atau memutuskan arus listrik ke rangkaian.

    • Sekering Saklar Klakson

    Merupakan komponen yang juga berfungsi sebagai pengaman arus listrik, namun kali ini dari komponen aki ke komponen klakson yang terletak di area kemudi.

    • Ground

    Komponen ini merupakan komponen tujuan dari pengaliran listrik

    • Klakson 

    Komponen utama yang biasanya mengeluarkan suara ketika komponennya dipencet atau ditekan.

    Komponen pada klakson ini dibagi ke dalam dua jenis, berdasarkan tingkat suaranya, yaitu klakson low dan klakson high.