Berita

    Featured Image

    Tenang! Ini Tips Mengatasi Karat di Mesin Mobil

    Kondisi mesin mobil berkarat dapat saja dialami oleh semua pemilik kendaraan. Terlebih jika kendaraan yang dimiliki berusia lebih dari 10 tahun. Mesin mobil merupakan komponen penting yang mana apabila berkarat akan memengaruhi seluruh kondisi mobil Anda ketika menyala.

    Maka dari itu, jika Anda memiliki permasalahan mesin mobil yang berkarat sebaiknya atasi secepat mungkin. Simak pembahasan artikel di bawah ini untuk mendapatkan tips-tips jitunya!

    6 Cara Jitu Mengatasi Mesin Mobil Berkarat

    Jika mesin mobil Anda karatan, tentu akan membuat mesin rapuh dan kurang bekerja secara optimal. Pada kasus jangka panjang akan mengakibatkan kerusakan mesin mobil. Maka dari itu, mesin mobil yang berkarat wajib diatasi dengan cara berikut ini:

    • Manfaatkan Bahan Rumah

    Mengatasi karat pada mesin mobil ternyata mudah dan dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah Anda. Cukup persiapkan cuka, garam, jeruk nipis atau lemon dan baking soda maka Anda dapat mengatasi permasalahan karat pada mesin mobil.

    Caranya, Anda cukup mempersiapkan garam dan jeruk nipis, lalu taburkan garam di atas permukaan mesin yang berkarat dan gosok mesin dengan jeruk nipis.

    Sama halnya dengan penggunaan cuka dan baking soda, Anda cukup gosok hingga bercak karat perlahan hilang.

    • Gunakan Pembersih Karat

    Tips mengatasi mesin mobil berkarat berikutnya adalah dengan menggunakan pembersih karat atau bisa juga menggunakan pembersih keramik.

    Gunakan Pembersih Keramik

    Freepik.com

    Alasannya adalah karena cairan pembersih keramik memiliki sifat keras dan dapat memberikan efek pelepasan korosi. Pastikan jika Anda menggunakan cairan ini hanya pada bagian mesin mobil saja.

    Disarankan juga untuk tidak digunakan untuk membersihkan karat pada cat mobil, karena akan membuat cat mobil memudar.

    • Berikan Pelumas pada Bagian Tertentu

    Ketiga, berikan pelumas pada bagian mesin mobil yang berkarat. Memberikan pelumas agar bagian mesin mobil tidak berkarat cukup popular, karena pelumas biasanya digunakan untuk mengatasi komponen-komponen yang kurang terlihat dan tersembunyi.

    Misal, memberikan pelumas pada bagian sambungan berbagai komponen mesin mobil yang biasanya tersembunyi dan sempit.

    Komponen tersebut rawan berkarat tapi jika dibersihkan dengan sikat gosok tidak terjangkau, maka pelumas menjadi solusi untuk mengatasinya.

    • Rutin Mencuci Mobil

    Rutin mencuci mobil juga dapat menjadi cara mengatasi mesin mobil berkarat. Anda dapat rutin mencuci mobil, terlebih jika musim hujan tiba.

    Hal ini dikarenakan air hujan yang masuk ke dalam mesin mobil jika dibiarkan lama-kelamaan akan mengakibatkan timbulnya karat.

    Maka dari itu, setidaknya rutin mencuci mobil Anda seminggu sekali. Disarankan juga ketika mencuci mobil, Anda menggunakan cairan pencuci yang bersifat ramah untuk komponen mesin mobil.

    • Gunakan Rust Remover

    Anda juga dapat menggunakan rust remover untuk mengatasi masalah karat pada mesin mobil. Rust remover merupakan cairan khusus yang dibuat untuk menghilangkan karat pada permukaan apapun yang terbuat dari besi.

    Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan rust remover dengan kain lap halus dan gosokkan secara perlahan ke permukaan yang berkarat. 

    Disarankan untuk menggunakan sarung tangan ketika menggunakannya karena rust remover merupakan cairan yang cukup keras.

    • Amplas dan Cat Ulang Mesin Mobil

    Tips terakhir yang juga bermanfaat untuk mengatasi karat pada mesin mobil adalah dengan mengamplas dan cat ulang mesin mobil Anda. Tips ini cukup efektif menghilangkan karat pada mesin mobil Anda.

    Namun, jika Anda menggunakan tips ini maka Anda wajib membawa mobil Anda ke bengkel agar mendapatkan penanganan yang maksimal.

    Biasanya, tips ini dipakai jika kondisi mesin mobil yang berkarat sudah parah dan tidak dapat diatasi dengan cara-cara sebelumnya.

    Mengatasi mesin mobil berkarat dapat dilakukan secara mandiri di rumah atau dengan dibawa ke bengkel. Hal yang paling penting adalah Anda wajib memerhatikan kondisi mesin agar mobil Anda dapat bekerja secara maksimal.